Cara Memilih Backlink Yang Berkualitas Untuk Optimasi SEO

Dengan memahami cara memilih backlink yang berkualitas akan membuat kita mengerti bahwa kualitas backlink bukan hanya seberapa banyak kita dalam menyematkan url blog pada situs backlink. Jika hanya menanam backlink pada situs yang tidak memiliki kualitas, maka yang ada hanyalah terkurasnya waktu yang dibutuhkan untuk hal yang kurang berguna.

cara memilih backlink

Dalam menanam backlink untuk optimasi SEO khususnya bagian OFF PAGE maka kita harus bisa memilih backlink yang berkualitas untuk digunakan sebagai backlink blog yang kuat. Tujuannya tetap sama meskipun algoritma google setiap saat berubah-ubah yaitu mendongkrak blog agar memiliki posisi yang baik (page one dan rank one) di mesin pencari.

Backlink Yang Buruk Untuk Blog

Tingalkanlah Backlink Generator yang hanya akan menambah spam score blog kita, bukanya peringkat naik melainkan jumlah spam yang naik. Hal ini sangat fatal jika di terjadi pada blog kita, hilangnya blog dari SERP dan Google Bot tidak menyukai blog sehingga sulitnya terindeks dan muncul di halaman google.

Jangan tergoda dengan instan dan cepatnya saja, meskipun akan cepat namun hasilnya akan buruk untuk kesehatan blog, apalagi algoritma google yang selalu berubah-ubah membuat hal yang pasti menjadi tidak pasti.

Maka dari itu ada baiknya kita mengetahui cara memilih backlink yang berkualias untuk optimasi seo blog kita, lakukanlah secara manual dan jangan terlalu banyak menanamnya dalam jangka waktu yang dekat.

Ciri – Ciri Backlink Yang Berkualitas

Memang lumayan susah untuk mengetahui apakah backlink tersebut berkualitas atau tidak, meskipun memakai beberapa tools pihak ketiga pastinya hasil dari setiap tool tersebut akan berbeda.

Berikut ini beberapa ciri backlink yang berkualitas :

1. Backlink Kontekstual

Backlink kontekstual merupakan backlink yang ada pada sebuah halaman. Backlink ini dianggap berkualitas tinggi dikarenakan link yang disematkan berada didalam sebuah artikel yang relevan dengan konten yang sama sehingga disukai oleh mesin pencari.

2. Domain Yang Berumur

Untuk meningkatkan DA (Domain Authority) pada blog maka kita harus memperbanyak backlink yang bersumber dari domain yang sudah berumur. Aged domain lebih sering didengar daripada domain yang sudah berumur namun intinya sama saja, backlink ini merupakan backlink paling aman daripada jenis backlink lainnya akan tetapi tidak semua domain yang sudah berumur memiliki Authority yang tinggi, jadi pintar-pintar dalam memilihnya.

3. Relevan

Link yang sehat adalah link yang bersumber dari situs yang membahas topik sama, ini akan sangat bagus untuk memberikan anchor text pada link sehingga dapat menopang blog kita untuk muncul dengan topik pembahasan inti.

4. Dofollow

Banyak blogger yang bingung apakah backlink nofoolow itu bisa disebut bagus dan disebut backlink? jawabannya backlink nofollow ialah backlink, namun dari segi kualitas dan efek terhadap blog lebih kecil dibandingkan dengan backlink dofollow.

Perbandingan antara Dofollow dengan Nofollow adalah 80:20 sampai 95:5, jika sedang menanam backlink usahakan dofollow terlebih dahulu namun jika memang mendapatkannya link nofollow maka hitunglah berapa total backlink blog antara dofollow dengan nofollow.

5. Ramai Traffic

Menurut para ahli yang selalu mengikuti perkembangan algoritma google, sumber backlink yang bertraffic tinggi itu jauh lebih bagus daripada backlink nofollow dan akan memberikan kunjungan kepada blog kita meskipun tidak lebih dari 80% akan tetapi akan membuat traffic blog kita semakin banyak, rata-rata traffic yang dihasilkan dari backlink yang memiliki traffic ramai itu ialah 15% sampai 30%.

6. PA dan DA Tinggi

Jika diukur mengikuti MOZ maka untuk menentukan backlink yang berkualitas yaitu dengan melihat besarnya PA dan DA pada sumber backlink, mesin pencari sangat menyukai blog yang memiliki backlink ini.

7.Domain Yang Unik

Domain yang unik di sini akan membuat blog kita semakin dipercaya oleh google sehingga muncul dihalaman mesin pencari, banyak sekali sumber backlink dengan berdomain .com namun akan lebih baik jika backlink yang dihasilkan dari domain .edu , .gov, dan ac.id yang di mana merupakan situs-situs abadi.

Untuk melengkapinya kita dapat menambahkan backlink yang terdapat di member area dan media sosial, meskipun biasanya bersifat NOFOLLOW tidak jadi masalah jika perbandingan masih bisa ditoleransi, susahnya menanam backlink menjadikan jasa backlink semakin ramai. Mengapa tidak kita yang belajar dan membuka jasanya? Pahami penggunaan backlink untuk meningkatkan rank blog sampai mendatangkan traffic.

5 pemikiran pada “Cara Memilih Backlink Yang Berkualitas Untuk Optimasi SEO”

Tinggalkan komentar