Pengertian Broken Link Serta Dampak dan Cara Memperbaikinya

By | Januari 22, 2020

Pernah mendengar mengenai Broken Link? untuk blogger dan praktisi SEO pastinya akan sangat sering mendengarnya. Untuk yang baru mengenal broken link ada baiknya mengetahui dan memahami apa itu broken link, penyebab, dampak, dan solusi jika adanya broken link.

broken link

PAGE 404 NOT FOUND adalah link yang menuju sebuah halaman namun halaman yang dituju tidak ada, biasanya terjadi jika ada permalink yang diganti tanpa melakukan redirect ke permalink yang baru.

Pengertian Broken Link

Broken Link adalah 2 kata yang digabungkan yaitu berasal dari kata broke dan link yang dimana memiliki arti jika dalam bahasa indonesia link rusak.

Jenis-Jenis Link

Link sendiri memiliki 2 jenis yaitu Internal Link yaitu link yang terdapat pada halaman dalam  sebuah blog, dan  External Link adalah link yang ditujukan untuk sumber luar blog.

Masih ada 2 lagi, yaitu Inbound Link dan Outbound Link, Inbound Link adalah link dari blog kita yang menuju pada blog kita, jiak Outbound Link itu link dari blog kita dan bertujuan kepada blog lain atau situs lain diluar blog.

Baca :  Cara Membuat Pemberitahuan pada Blog Saat JavaScript Dimatikan

Penyebab Adanya Broken Link

  1. Yang pertama adalah biasanya penyebab broken link itu perubahan permalink seperti awalnya https://www.michzo.com/belajar-seo lalu diubah dengan https://www.michzo.com/belajar-seo-gratis. Memang jika dilakukan sebelum artikel diterbitkan maka akan baik-baik saja, tetapi jika artikel sudah diterbitkan dan diindeks oleh mesin pencari dan terdapat beberapa artikel (internal link) yang menuju url tersebut maka akan terjadinya PAGE NOT FOUND.
  2. Artikel yang dihapus akan menjadi penyebab broken link, ketika artikel sudah diindeks oleh google dan artikelnya dihapus, pada saat ada pengunjung yang datang maka akan terjadinya halaman tidak ditemukan. Hal ini terjadi pada saya ketika melakukan migrasi (pindahan) dari blogger ke wordpress.

Dampak Dari Broken Link

Jika mendalami SEO pastinya akan selalu bertemu dengan masalah, termasuk broken link adalah masalah ringan namun berat jika jumlahnya banyak, berikut ini beberapa dampak jika adanya broken link :

  • Pengunjung tidak menyukai blog dikarenakan halaman yang dicarinya selalu tidak ditemukan padahal mereka membutuhkan informasi tersebut, meskipun ada namun pengujung akan malas untuk menggali kembali setiap artikel yang ada pada blog.
  • Terkena penalti dari google, blog akan diberikan penalti berupa hilangnya dari mesin pencari dan tidak direkomendasikan oleh pihak google.
  • PA dan DA yang akan menurun.
  • Sulitnya mendapatkan pelanggan dan pengunjung setia dikarenakan jangankan menjadi pelanggan, baru datang saja halaman yang dicari sudah tidak ada.
Baca :  Bandwidth dan Disk Space Yang Dibutuhkan Untuk Menggunakan Wordpress

Dampak tersebut bukan hanya untuk Google, namun Bing dan mesin pencari lainnya.

Cara Memperbaiki Broken Link

Jika ada broken link pada blog maka lakukanlah perbaikan, yang saya biasanya lakukan untuk memperbaiki broken link ini adalah dengan menggunakan brokenlinkcheck.com.  Caranya :

  1. Buka website brokenlinkcheck.com
  2. Lalu isikan blog pada bagian “Enter your URL below”
  3. Lalu tekan FIND BROKEN LINKSbroken link
  4. Isilah kode kemanan dan pilih opsi “Report distinct broken links only” memperbaiki broken link
  5. Tekan tombol FIND BROKEN LINKS NOW!

Sampai disini proses pencarian broken link akan dilakukan, lama dan cepatnya akan bergantung kepada jumlah link yang terdapat pada blog dan berapa banyak link yang rusak.

Jika sudah, maka kita tinggal melihat link mana saja yang rusak dan menghapusnya dari blog kita. Mudah bukan?

Dengan memahami broken link ini kita dapat memaksimalkan SEO pada blog, jika banyak broken link pada blog maka secepatnya perbaiki jangan sampai didiamkan saja karena akan berdampak sangat buruk pada kesehatan blog.

Rahmat Agung Julians
Author: Rahmat Agung Julians

Halo, saya adalah praktisi SEO di Kuningan, Jawa Barat. Pada blog ini saya memberikan informasi mengenai blogging dan SEO, semua yang saya tulis pada blog ini merupakan pengalaman saya yang telah saya lakukan.

4 thoughts on “Pengertian Broken Link Serta Dampak dan Cara Memperbaikinya

  1. AvatarKuliner nusantara

    Jika broken link di eksternal gimana solusinya gan,,, ?
    Contoh kasus di backling , nah yang kita backling web nya mati, apakah itu berdampak buruk juga ?

    Reply
  2. AvatarRahman N

    Setelah membaca ini, saya baru tau masih ada 2 lagi selain internalink dan eksternal link yaitu Inbound Link dan Outbound Link, sepertinya saya harus sering sering baca seputar SEO lagi nih

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *