Syarat Mudah dan Sederhana Agar Blog Diterima Google Adsense

Bulan februari ini saya mencoba ajukan blog michzo.com pada Google Adsense agar blog dapat menayangkan iklan, ini cara lain untuk mendapatkan income lebih untuk saya. Maka dari itu saya akan membagikan cara sederhana agar blog diterima Google Adsense, memang akan sedikit sulit jika belum memiliki kualitas dan kuantitas namun sudah membaca artikel ini.

Sebelum membaca lebih lanjut pastikan blog yang dimiliki sudah memiliki kualitas dan kuantitas cukup agar penerapannya menjadi lebih mudah.

Google memiliki syarat dan ketentuan tersendiri yang ketat sehingga proses penerimaan blog agar menjadi publisher iklan Adsense itu sedikit susah dan rumit. Perhatikan dari setiap aturan yang sudah ditetapkan oleh Google Adsensen, ketahui syarat dan ketentuan Google Adsense.

Banyak sekali syarat yang harus dipenuhi oleh blog agar dapat diterima, saya buat lebih sederhana dan simpel agar lebih mudah memahami dan menerapkannya.

Syarat Sederhana Agar Blog Diterima Adsense

Tidak cukup untuk dibaca tetapi cobalah untuk perhatikan setiap point penting lalu lihat blog sudah memiliki dan memenuhi point apa belum, jika belum maka lakukanlah apa yang kurang dari point tersebut.

1. Konten

Syarat utama dari Adsense adalah kandungan dari konten artikel yang terdapat pada blog. Ini sifatnya wajib agar bisa diterima, jangan membuat konten sembarangan karena akan membuat peninjauan menjadi lebih sulit apalagi sampai membuat artikel blog yang melanggar kebijakan dari Google Adsense, tentu saja akan ditolak secara langsung.

Buatlah konten yang berkualitas dan tidak sama dengan blog lainnya, sederhananya :

  • Buat artikel minimal 600 kata
  • Judul Artikel lebih dari 5 kata
  • Sematkan gambar dan video
  • Berilah link masuk dan keluar
  • Tidak memiliki kata yang dilarang Adsense.

Untuk pengguna WordPress maka bisa memasang plugin yang dapat menjadi pendukung tambahan saat menulisa dan membuat artikel blog, contohnya Yoast SEO, All In One SEO dan yang saya gunakan adalah Rank Math.

2. Template

Selain menyenangkan pengunjung dengan tampilan yang segar, tema blog juga harus dibuat sesuai dengan stuktur SEO yang baik sehingga dapat mendongkrak kualitas blog yang pastinya disukai oleh Google Adsense.

Pilih tampilan yang simpel namun lengkap, sederhananya :

  • Responsive
  • User-Friendly
  • Warna Natural
  • Memiliki navigasi yang baik
  • Ringan

Saya sarankan bagi pengguna blogspot bisa mendaftar Adsense dengan menggunakan template Viomagz dari mas sugeng dan pengguna wordpress bisa mendaftar menggunakan tema Revenue Pro atau Superfast.

3. Halaman

Blog diharuskan memiliki setidaknya 1 halaman yang ditujukan agar konten lebih lengkap, secara bawaan WordPress halaman yang dibuat adalah Privacy Police karena sistem sudah tahu bahwa halaman tersebut itu penting.

Pentingnya halaman tersebut membuat publisher harus membuat banyak halaman, sederhananya :

  • About Us
  • Contact Us
  • Privacy Police
  • Disclaimer
  • Terms of Service

5 halaman penting saat daftar Google Adsense tersebut bisa dibuat pada blog agar saat mendaftar nanti lebih mudah dan cepat prosesnya.

Halaman ini masih belum diketahui bagaimana pastinya, karena saat blog saya mendaftar Adsense juga tidak saya buat halaman-halaman tersebut namun diterima oleh Google Adsense.

4. Artikel

Jika malas membuat artikel saya bilang JANGAN MENDAFTAR GOOGLE ADSENSE karena apapun nanti yang akan terjadi pada blog pastinya akan membuat pendapatkan tidak kunjung datang, banyak sekali blogger yang sudah diterima Adsense tetapi tidak mendapatkan hasil yang baik. Mengapa bisa? karena mereka hanya membuat blog memenuhi saja dan setelah diterima Adsense blog tidak diberikan konten yang cukup.

Ingat bahwa pengunjung datang adalah membaca artikel blog. Jika tidak ada artikel, apa yang akan dibaca oleh pengunjung nanti.

Artikel yang berkualitas adalah artikel yang memiliki kuantitas, sederhananya :

  • Minimal 600 kata
  • Memiliki outbound Link
  • Memiliki Internal Link
  • Sematkan media (wajib beri alt tag dan title tag)

Mudah, karena yang ditulis adalah pengetahuan sendiri. Saya menulis artikel pada blog ini karena niatnya ingin berbagi, bisa bedakan mana blogger dan mana publisher.

5. Kunjungan

Jika masih memiliki tingkat kunjungan blog dibawah 100 maka itu bukan berarti blognya jelek dan tidak berkualitas, hanya saja kurang semangat membuat konten dan optimasi.

Tingkatkan pengunjung blog setidaknya 100 lebih saat mendaftar Adsense, sederhananya :

  • Optimasi Judul
  • Tambahan Widget (Populer / Post Terbaru)
  • Link antara artikel 1 dengan artikel lainnya
  • Tulisan yang menarik
  • Tampilan blog unik

Percaya atau tidak tetapi banyak blog yang diterima oleh Google Adsense itu rata-rata memiliki tingkat kunjungan 1000 bahkan ada juga yang diterima saat menyentuh angka 5000, belum tentu seberapa pastinya akan tetapi tidak perlu dibawa pusing. Intinya semakin banyak maka semakin baik.

Kriteria Blog Untuk Daftar Google Adsense

Memiliki blog yang menayangakan iklan itu adalah impian dan tujuan dari beberapa blogger, mereka akan optimasi dan membuat blog agar diterima oleh Google. Google juga sama seperti perempuan yang memiliki kriteria saat memilih mana yang harus diterima dan mana yang harus ditolak.

1. Topik

Ditahun 2020 ini Google lebih menyukai blog yang memiliki satu topik, artinya pembahasan pada blog tersebut terfokus dan tidak memiliki artikel mencampur atau disebutnya adalah gado-gado.

Pada blog ini saya membuat pembahasan mengenai Blogging dan SEO saja. Selain pengunjung dapat lebih mudah dalam memahami panduan, hal ini akan membuat iklan yang tayang menjadi lebih cocok dengan konten isi artikel.

2. Identitas

Saat mendaftar pastikan umur sudah cukup, yaitu 18 tahun atau lebih. Karena saat nanti permintaan pin di Google Adsense harus mengirimkan identitas asli berupa KTP, SIM atau PASPOR.

3. Widget

Jangan terlalu banyak menggunakan widget yang unfaedah (tidak berguna), Google kurang menyukai adanya widget seperti alexa, hitstat dan harga blog.

4. Promosi

Jika yang didaftarkan adalah blog review sebuah produk maka bisa lepaskan terlebih dahulu banner dan tayangan iklan yang bersponsor tersebut, saya saja menghapus sementara banner dewaweb yang dipasang disidebar blog saat mendaftar Google Adsense karena akan memfokuskan bahwa kita sudah menyediakan slot untuk iklan tayang nanti.

5. Link

Pastikan blog tidak memiliki link mati, cobalah cek apakah blog memiliki broken link atau tidak. Gunakan tools Brokenlink Checker untuk memeriksanya.

Kesimpulan

Semakin berjalannya waktu, proses pendaftaran Google Adsense akan selalu berubah. Selalu baca forum dan group yang membahas seputar Adsense agar tidak tertinggal informasi terbarunya, dan jika blog sudah siap menayangakan iklan maka tahap selanjutnya adalah mendaftarkan blog pada Google Adsense.

Pahamilah algoritma Google dan kebijakan Google saat ini juga, dengan demikian blog akan tetap berjaya dan selalu siap memberikan pendapatkan pada kita. Jika sudah berhasil mendapatkan income yang cukup ataupun bisa disebut lebih, jangan lupa untuk bersedekah dan berbagi kepada yang membutuhkan.

Akhir kata dari saya, tetap semangat dalam membuat konten dan jangan terlalu sibuk merubah tampilan blog sampai membuat waktu yang harus digunakan membuat konten malah terbuah sia-sia. Ingat bahwa optimasi blog dan konten blog itu paling penting.