10 Cara Sederhana Untuk Meningkatkan Traffic Blog

By | Januari 24, 2020

Mendatangkan traffic atau pengunjung pada sebuah blog itu tidak mudah namun jika dipikirkan kembali tidak sulit juga jika kita benar melakukan dukungan sehingga Meningkatkan Traffic Blog.

 

traffic blog

Untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita, ada beberapa yang harus diperhatikan dan dilakukan. Hal tersebut bertujuan agar pengunjung tidak hanya datang tetapi juga menyukai halaman blog sehingga menjadi pengunjung tetap atau pelanggan yang setiap ada artikel baru diposting aka akan mengujungi dan membaca artikelnya.

Beberapa point untuk meningkatkan pengunjung blog

1. Menjadi penulis tamu

Pertama ialah mencoba menjadi penulis tamu dihalaman blog orang lain, dengan melakukan ini blog akan cepat tersebar dan namanya akan semakin dikenal. Selain itu kualitas blog juga akan meningkat dikarenakan blog mendapatkan dorongan backlink dari halaman yang sudah mempunyai peringkat tinggi.

2. Silaturahmi dengan blogger lain

Buatlah kumpulan atau komunitas kecil untuk memperbanyak kenalan blogger yang akan membantu dalam mengolah blog, mereka juga akan membantu untuk menyebarkan informasi mengenai blog kita, dengan begitu blog akan mendapatkan pengunjung.

3. Membuat tombol share dipostingan blog

Tampilan memang penting untuk kesehatan blog dan kenyaman pengunjung namun jangan sampai melupakan fitur penting dari halaman blog yaitu fitur share yang akan membantu orang dalam menyebar luaskan blog kita kepada orang lain. Pasanglah fitur ini dihalaman postingan blog agar orang dapat membagikan konten yang telah kita buat kepada orang lain sehingga traffic blog bertambah.

4. Buat konten yang lengkap dan tersampaikan topik intinya

Buatlah artikel setidaknya lebih dari 800 kata agar pengunjung dapat mendapatkan informasi konten yang cukup dan puas dengan hasil konten yang telah kita buat, namun jangan sampai kita memutar secara terus-menerus setiap kata sampai topiknya tidak tersampaikan dengan baik yang menyebabkan pengunjung tidak menyukai blog kita.

5. Gunakan forum dan media sosial

Banyak forum dan media sosial yang dapat dijadikan bahas awal traffic blog kita, pilihlah beberapa sumber yang berhubungan dan terkait dengan apa yang kita bahas didalam blog. Jika konten membahas soal SEO maka bagikan kepada forum dan group media sosial tentang SEO jangan sampai dibagikan ke group resep makanan. Tingkat relevan akan konten dengan sumber forum dan media sosial akan menentukan kita mendapatkan traffic atau tidak.

6. Perbanyak kunjungan organik

Traffic blog dibagi menjadi 2 bagian yaitu organik dan an-organik. Traffic organik adalah pengunjung yang datang dari mesin pencari seperti google dan yahoo, sedangkan traffic an-organik itu pengunjung yang datang dari media sosial dan forum dan bisa juga dari pelanggan setia blog yang sudah mengetahui dan mengenal halaman blog. Perbanyaklah artikel yang di indeks oleh mesin pencari sehingga kunjungan organik akan banyak.

8. Lakukan perbandingan

Buatlah target dan bandingkan dengan pesaing kita, dengan begitu kita akan mendapatkan tolak ukur untuk menjadi batasan nanti ketika akan melakukan pembuata konten dan optimasi.  Berkembangnya sebuah blog akan mudah jika kita selalu membandingan blog kita dengan blog yang sudah besar dan memiliki peringkat tinggi.

9. Perbanyak pelanggan setia

Pasang widget untuk berlangganan ke blog kita agar pengunjung yang datang bisa menjadi pelanggan setia di mana nantinya akan selalu mendapatkan pembaruan dan pemberitahuan ketika kita memposting artikel terbaru dihalaman blog.

10. Buatlah giveaway

Jika semuanya sudah maka point terakhir adalah berinteraksi dengan pengunjung, giveaway salah satunya. Buatlah hadiah meskipun nilainya kecil tetapi bermanfaat untuk pengunjung, pengunjung akan merasa bahwa kehadiran mereka itu dilihat dan selalu diperhatikan oleh author blog.

Lakukan 10 cara untuk meningkatkan pengunjung blog itu supaya blog selalu ramai dan kita menjadi lebih semangat dalam menulis dan membuat konten, ingin tahu bagaimana menulis artikel yang disukai pengunjung ? sudah dibahas sebelumnya mengenai cara mendapatkan ide menulis artikel

Rahmat Agung Julians
Author: Rahmat Agung Julians

Halo, saya adalah praktisi SEO di Kuningan, Jawa Barat. Pada blog ini saya memberikan informasi mengenai blogging dan SEO, semua yang saya tulis pada blog ini merupakan pengalaman saya yang telah saya lakukan.

14 thoughts on “10 Cara Sederhana Untuk Meningkatkan Traffic Blog

  1. Avatarmrusfy

    nah ini yang sata cari selama ini, mau naikin page view tapi pengunjungnya ngak ada, mungkin karena kurang sosialisasi, sepertinya penjelasan ini patut saya coba dan jalani, terima kasih admin atas informasinya.

    Reply
  2. Avatarsyahrul

    Pake media sosial lumayan buat ningkatin traffic tpi bnyak korban terblokir fb gara terlalu sering share,, jdi bimbang min wkwk

    Reply
    1. michzomichzo Post author

      iya memang suka dibanned dan url blog tidak bisa di share lagi ke publik. caranya bisa ajukan banding dan meminta unban ke developer facebook.

      Reply
  3. AvatarBlogger Aceh

    Kayaknya menulis sebagai penulis tamu di blog lain adalah cara paling efektif menaikkan trafik selain sebagai upaya link building untuk sebuah blog.

    Reply
    1. michzomichzo Post author

      Jika memang ada peluang untuk menulis sebagai penulis tamu di halaman blog lain akan bagus, namun ada penyedia penulis tamu yang dihargai dengan sangat mahal, selain itu ada juga yang membuat backlink terhadap situs penulisnya sementara saja.

      Reply
  4. Avatarjohnas

    Saya kurangnya share di media sosial. Makanya pv selalu mentok antara 200-400 per hari.

    Reply
    1. michzomichzo Post author

      jangan terlalu banyak share di medsos juga, kurang sehat untuk blog. fokus ke traffic organik saja

      Reply
  5. AvatarAdmin Bergawai.Com

    Salam Bergawai , Mas admin Michzo nih backlink apa yang cocok untuk web baru saya yaa ? Untuk masalah artikel lengkap, insyAaalah lengkap, karena PA saya tinggi, sementara DA masih minim. Nanam backlink selain dari guest post apakah aman ? Karena terkadang khawatirnya tidak dofollow hehe.

    Maaf banyak pertanyaan :”

    Reply
    1. michzomichzo Post author

      Biasanya ketika akan membuat guest post ada perjanjian apakah link tersebut dofollow atau nofollow. Harus pintar juga dalam memilih situs yang menerima guest post

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *