Dampak Sensitif Yang Akan Terjadi Jika COPAS Artikel Blog

By | Januari 20, 2020

COPAS artikel blog lain akan berdampak negatif untuk kesehatan blog, Banyak blogger yang malas dalam menulis dan membuat konten untuk dipublikasikan. Mereka hanya lirik uang dari blog tetapi tidak melihat bagaimana segi dari konten dan konsistensi saat ngeblog, kesalahan yang biasanya dilakukan adalah salahnya memilih topik pembahasan atau niche dari blog itu sendiri sehingga blogger kehilangan arah untuk apa yang akan ditulis kedepannya, akhirnya mereka akan mengcopas konten artikel blog orang lain dan diterbitkan didalam blognya. 

Dampak Sensitif Jika COPAS Artikel Blog

Banyak upaya untuk menghindari kaum copaser ini, seperti dengan cara memasang DMCA pada halaman blog, atau dengan memasang script html dan javascript. Copas itu merupakan hal yang sangat sensitif dampaknya untuk blog, sedikit saja isi artikel sama dengan blog lain maka Google Bot tidak akan menyukai dan blog kita akan kekurangan perayapan dari Google Bot.

Jika memasang DMCA pada blog, itu akan menyebabkan duplikat konten karena DMCA bergitu ketat dalam melakukan perlindungan terhadap sebuah blog, menulis sebuah artikel itu tidaklah mudah dan hal yang paling sulit untuk dilakukan adalah mencari sebuah ide dan topik dari pembahasan koten artkel.

Google Bot sendiri sangat tidak menyukai blog yang berisikan konten hasil copas, jadi jangan lakukan itu kepada blog. 

Dampak Negatif Jika COPAS Artikel Pada Sebuah Blog

1. Artikel Bisa Dihapus

Konten artikel yang didapatkan dari hasil copas tentunya tidak akan membuat pengunjung menyukai artikelnya, itu disebabkan karena pengunjung sudah tahu bahwa isi artikel itu sama dengan blog lainnya. Ketika sebuah blog sudah dilindungi oleh DMCA atau semacamnya bisa saja author mengajukan penghapusan artikel tersebut.

2. Blog Akan Dibanned

Memang copas itu sangat mudah, kita hanya perlu copy dan paste saja lalu publikasikan, tetetapi dampaknya sangat buruk pada sebuah blog sehinga google akan menghapus blog – blog yang isi artikelnya merupakan hasil copas. Apalagi sekarang sudah ada yang namanya AGC ( Auto Generated Content ) yang di mana artikel akan selalu diputar dan dibuat secara otomatis, bukan hanya 1 kali atau 2 kali tetetapi seterusnya sampai pemilik blog merasa cukup ( cukup uangnya bukan cukup artikelnya )

3. Sulitnya Diterima Adsense

Salah satu aturan untuk menjadi publisher di adsense adalah konten harus ori dan tidak sama dengan pihak lain. Hal ini harusnya sudah menjadi acuan bahwa ketika membuat artikel itu jangan sama dan usahakan jangan plagiat dengan blog lai,. kita bisa cek plagiat isi artikel dengan menggunakan tools “Plagiarism Check”. Dengan demikian maka isi artikel akan ori dan terhindar dari samanya konten dengan blog lain.

3 cara di atas merupakan dampak negatif yang sensitif pada sebuah blog jika copas, harus diingat bahwa kewajiban seorang blogger itu adalah menulis dan memberikan informasi yang bermanfaat untuk pembaca blognya. 

Rahmat Agung Julians
Author: Rahmat Agung Julians

Halo, saya adalah praktisi SEO di Kuningan, Jawa Barat. Pada blog ini saya memberikan informasi mengenai blogging dan SEO, semua yang saya tulis pada blog ini merupakan pengalaman saya yang telah saya lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *