Mengenal Lebih Jauh tentang Domain Authority dan Page Authority

Mengetahui kualitas sebuah website atau blog sangat penting dilakukan untuk menentukan strategi baik jangka pendek maupun jangka panjang. Sebuah web atau blog dikatakan berkualitas bagus jika mempunyai nilai Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) yang tinggi.

Domain Authority dan Page Authority ditetapkan pada hitungan 0 – 100. Semakin tinggi nilai DA dan PA artinya situs tersebut semakin berkualitas.

Domain Authority dan Page Authority kini dijadikan sebagai acuan untuk menilai tingkat kualitas sebuah blog semenjak beredar kabar bahwa Google tidak lagi meng-update Google PageRank.

Google PageRank yang terkenal itu seolah sudah mati atau Google sendiri sudah tidak lagi menggunakan PageRank sebagai penentu kualitas sebuah website atau blog. Setelah tak terdengar update terbaru dari Google PageRank, kini Domain Authority dan Page Authority menjadi alternatif pengganti Google PR.

Nilai Domain Authority dan Page Authority bisa kita lihat setiap saat. Perkembangannya juga senantiasa terpantau setiap bulan, berbeda dengan Google PageRank yang tidak jelas kapan waktu update-nya. Perbedaan yang cukup jelas tersebut menjadikan Google PageRank semakin  ditinggalkan oleh para blogger.

Pengertian Domain Authority

Domain Authority (Otoritas Domain) adalah ukuran kekuatan sebuah nama domain di mata sebuah mesin pencarian (Google, Bing, Yahoo, dll). Domain Authority dinilai berdasarkan 3 faktor yang akan sangat mempengaruhi peringkat web/blog pada hasil pencarian. Ketiga faktor tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Umur Domain

Umur sebuah domain menunjukan seberapa konsisten pemilik blog dalam mengelola website yang dimilikinya. Oleh sebab itu, umur domain menjadi penentu tinggi atau rendahnya nilai DA. Semakin lama domain itu aktif dan bertahan, maka akan semakin tinggi pula nilai DA-nya.

  1. Popularitas Domain

Popularitas sebuah domain dapat dinilai dari jumlah link yang masuk (Inbound link) dalam sebuah situs. Inbound link sendiri artinya adalah memberikan rekomendasi terhadap situs yang kamu miliki (backlink), cara ini bisa diperoleh dengan ikut berkomentar pada blog lain (blogwalking) ataupun aktif dalam sebuah forum.  Hal ini terbukti ampuh untuk mendongkrak trafik pengunjung dan menguatkan SERP pada hasil pencarian.

  1. Ukuran Domain

Ukuran sebuah domain dapat diukur dengan melihat jumlah postingan yang ada pada suatu blog, semakin banyak jumlah postingan atau artikel yang berkualitas, akan memperbanyak jumlah inbound link terhadap web/blog.

Pengertian Page Authority

Page Authority (Otoritas Halaman) menggambarkan popularitas halaman tertentu dari situs/blog yang ditemukan di mesin pencari (search engine).  Semakin tinggi nilai Page Authority, maka semakin tinggi pula kemungkinan halaman situs/blog muncul pada hasil pencarian.

Perlu diperhatikan bahwa otoritas halaman terkait dengan halaman dalam situs, bukan situs secara keseluruhan. Situs/blog yang memiliki PA dengan nilai tinggi akan lebih bagus dibandingkan dengan situs yang memiliki PA kecil dan tentu saja akan memenangkan persaingan dalam hasil pencarian.

Cara Meningkatkan Page Authority

Google selalu menuntut hal yang original. Suatu konten dapat dikatakan berkualitas jika artikel tersebut asli, fresh dan baru, serta relevan. Kamu bisa rutin meng-update artikel, membuat posting yang berkualitas, serta membuat artikel pilar untuk blog kamu. Pentingnya sebuah artikel pilar membuat kedudukan blog kamu semakin kuat di mata search engine.

Cara Mengecek Domain Authority dan Page Authority

DA dan PA ditetapkan pada hitungan 0 – 100,semakin tinggi nilai DA dan PA, maka akan semakin berkualitas sebuah situs tersebut. Kamu bisa menggunakan salah satu alamat situs di bawah ini untuk mengetahui seberapa tinggi nilai DA dan PA blog kamu. Cukup masukkan URL blog kamu untuk mengeceknya.

http://moz.com/researchtools/ose

http://websiteseochecker.com/domain-authority-checker

http://moonsy.com/domain_authority

http://moonsy.com/page_authority

http://smallseotools.com/domain-authority-checker

http://smallseotools.com/page-authority-checker

Atau bisa menggunakan Moz bar untuk Google Chrome dan Mozilla.

https://moz.com/tools/seo-toolbar

Catatan :

  • Jangan berharap nilai DA dan PA blog-mu bisa tinggi jika kontenmu masih sedikit
  • Jika Kamu menggunakan blogspot, maka  Domain Authority memiliki nilai tinggi (rata rata 90) karena menggunakan subdomain yang sudah populer.

Tinggalkan komentar