Penggunaan Domain TLD Pada Blog Untuk Keperluan SEO

Domain TLD ( Top Level Domain ) merupakan syarat untuk para blogger yang ingin membuat websitenya menjadi lebih profesional. Banyak cara untuk optimasi blog namun didalam SEO ada hal penting yang harus dilakukan yaitu membuat nama blog menjadi mudah diingat oleh pengujung yaitu dengan menggunakan TLD.

domain guide

 

Jika rumah memiliki alamat dan ada sodara yang datang kerumah kita maka akan melihat alamat rumah, oleh sebab itu dengan optimasi SEO kita harus membuat domain menjadi pendek dibandingkan sebelumnya.

Macam – Macam Top Level Domain

com → dot commercial, dapat digunakan untuk website komersial2.

edu → dot education, dapat digunakan untuk website yang memiliki tujuan dan peran di bidang pendidikan3. net → dot network, dapat digunakan untuk website yang bergerak di bidang internet4. gov → dot government, dapat digunakan untuk website pemerintah.

TLD .com merupakan domain generic yang artinya bersifat universal dan dapat digunakan disemua negara. Jika berganti domain maka disetiap negara akan merubah ekstensi ujung dari sebuah domain, Misalkan www.upmk.ac.id. Dengan menggunakan TLD maka dampak positif akan didapatkan, diantara keuntungannya sebagai berikut :

Keuntungan Memakai Top Level Domain

Nilai SEO tentunya ingin dibuat setinggi mungkin, dengan menggunakan TLD maka keuntungannya akan positif untuk kesehatan blog. Untuk menopang blog bukan hanya membuat pendek url atau domain blog saja namun juga ditujukan untuk optimasi SEO.

1. Lebih Mudah Di Ingat

Yang pertama adalah mudah di ingat. Saat domain menjadi pendek otomatis nama yang tadinya michzo.blogspot.com ini berubah menjadi michzo.com saja, hal ini akan membuat pengunjung mudah dalam mengingat nama blog kita sehingga traffic blog akan meningkat dan kita mempunyai pengunjung yang tetap.

2. Indeks Google Lebih Cepat

Fakta dari sebuah TLD adalah mudahnya Google Bot dalam merayapi dan melakukan indexing halaman blog dan postingan blog, oleh sebab itu Google Bot menyukai blog yang memakai url TLD ini. semakin singkat maka semakin baik pula nikai relevansinya.

3.Non Hosted

Dengan TLD kita akan mendapatkan status akun NON HOSTED yang artinya ketika mendaftar adsense untuk menayangkan iklan google di blog kita, iklannya dapat ditampilkan disemua website yang kita miliki tanpa harus merubah dari HOSTED ke NON HOSTED.

Kesimpulan

Ketika sudah menggunakan Top Level  Domain, pastikan namanya sudah semudah mungkin dan sependek mungkin agar pengunjung dapat mengingat url domain blog kita, pengunjung tetap akan lebih mudah datang daripada pengujung yang bersumber dari mesin pencari. Setidaknya kita akan mendapatkan Traffic yang tetap di blog.

Tinggalkan komentar