5 Permasalahan Yang Membuat Google Tidak Mengindeks Blog

Banyak yang bertanya kepada saya di facebook mengenai blog dan website yang tidak terindeks digoogle. Hal ini adalah permasalahan bagi beberapa pemilik blog yang baru saja membuat blognya dan juga mungkin baru pertama kali memiliki blog.

Cara agar blog dapat terindeks

Jika blog mengalami masalah tersebut maka lakukan perbaikan masalah pengindeksan dengan menganalisis masalah dari pengindeksan. Di bawah ini adalah beberapa cara yang akan membantu kita dalam melakukan perbaikan untuk masalah pengindeksan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Indeks?

Indeks adalah bagian SEO yang paling penting dalam menunjang hasil dan kualitas situs. Untuk mendapatkan sumber traffic yang organik dari lalu lintas google maka halaman blog harus berada pada google terlebih dahulu dengan cara membuat google untuk merayapi blog kita. Jika blog tidak terindeks di google maka halaman blog akan sepi dan tidak ada traffic yang datang.

1. Google Belum Melihat Keberadaan Blog

Jika membuat halaman blog baru biasanya butuh waktu untuk Google Bot sampai merayapi halaman blog kita, tentu saja itu bergantung kepada algoritma mesin dari Google Bot. Agar proses pengindeksan blog semakin cepat, kita bisa unggah peta situs atau sitemap ke GSC (Google Search Console) sehingga google akan lebih cepat dalam mengenal dan melihat keberadaan blog kita, jika belum membuat bagian sitemap maka buatlah diblog dengan format sitemap.xml pada url.

2. Terjadinya Crawl Error

Ada permasalahan ketika Google tidak dapat mengindeks halaman blog kita yang tidak dapat dirayapi oleh Google. Namun hal tersebut dikarenakan Google sudah melihat halaman blog namun tidak merayapinya.

Untuk melihat permasalahan crawl error, bisa dengan cara ini:

  • Buka Google Webmaster Tools
  • Pilih Halaman Blog
  • Klik Bagian “Crawl”
  • Pilih Bagian “Crawl Errors”

Di sana kita dapat melihat halaman apa saja yang terjadinya error sehingga Google tidak merayapi blog.

3. Blog Yang Tertutup

Jika kita menggunakan platform WordPress sebagai media ngeblog, usahakan untuk mengatur dan aktifkan privasi yang terbuka untuk umum sehingga mesin pencari dapat menemukan halaman blog dan mendapatkan traffic.

4. Akses Blog Terlalu Berat

Google Bot tidak menyukai dengan sebuah blog yang memiliki akses lambat, Jika Google Bot melakukan peryapan dan menemukan halaman blog namun terus memuat saja tidak selesai-selesai maka halaman blog akan sulit untuk terindeks di google. Lakukanlah optimasi mulai dari beratnya template dan banyaknya script yang digunakan atau bisa juga dengan menambahkan layanan CDN agar proses pemuatan blog menjadi lebih cepat.

5. Terjadinya De-indeks Pada Blog

Yang kelima ini merupakan permasalahan yang paling fatal. Karena dengan terjadinya deindex pada blog, maka halaman blog akan dikeluarkan dari indeks google. Untuk Memperbaikinya tentu saja sangatlah sulit, bahkan bisa saja halaman blog akan sulit untuk di indeks kembali oleh google.

Itulah 5 alasan yang membuat google tidak mengindeks halaman blog. Indeks sangat penting untuk kemunculan halaman blog di mesin pencari dan mendatangkan traffic atau pengunjung blog, jika ada yang harus diperbaiki pada blog sehingga tidak terindeks oleh google cobalah pahami 5 point di atas.

2 pemikiran pada “5 Permasalahan Yang Membuat Google Tidak Mengindeks Blog”

    • cara cepat ke indeks itu :
      1. pastikan artikel memiliki bobot setidaknya minimal 600 kata
      2. permalik yang sesuai dengan topik inti
      3. submit ke webmaster (search console)
      dengan 3 cara itu akan membuat proses indeks akan semakin cepat

      Balas

Tinggalkan komentar