Berbagai Jenis dan Bentuk Anchor Text untuk Optimasi SEO

By | Februari 12, 2020

Ranking dengan mudah di halaman google dengan menggunakan power backlink, utamakan kesiapan diri untuk memahami jenis dan bentuk anchor text. Mudah sekali rasanya untuk page one dihalaman google, hanya saja yang membuat sulit adalah bagaimana cara kita melakukan optimasi link yang terdapat pada blog.

Contohnya blog michzo.com ingin berada di halaman pertama google dengan kata kunci “blog mendominasi halaman pertama” maka yang akan saya lakukan adalah membuat backlink dari situs luar ke blog saya (michzo.com) dengan menggunakan anchor text tersebut.

Namun jika melakukannya secara sering dan bersamaan dengan anchor text yang sama maka backlink akan di berikan penalty oleh google, bukan page one yang ada hanya spam score naik.

Buatlah link build yang bagus untuk SEO yaitu dengan cara membuat anchor text yang baik dan benar.

Jenis dan Bentuk Anchor Text

Pahami dan praktikan, jangan lupa untuk dipelajari bentukan dari sebuah anchor text karena tidak hanya 1 model saja. Anchor text memiliki banyak jenis-jenis dan bentuk sehingga kita dapat membuat tipe yang berbeda disetiap backlink.

1. Branded Anchor Text

Yang pertama adalah anchor text yang digunakan untuk penyesuaian dengan sebuah brand (merek).

Sebut saja jika situs yang dimiliki adalah Dewaweb.com yang memiliki merek Dewaweb, untuk optimasinya kita harus membuat backlink yang sangat natural agar tidak dicurigai oleh google, contohnya :

  • Dewaweb
  • Dewa Web
  • Dewaweb dot com
  • Dewaweb.com
  • Dewaweb com

Dengan melakukan hal itu maka backlink akan lebih bagus skor SEOnya.

2. Naked Anchor Text

Sederhana saja, intinya teks akan mengikuti url dari domain blog. Contohnya :

  • https://www. ahliseo .com/
  • https://www.ahliseo.com
  • www.ahliseo.com/
  • www.ahliseo.com
  • ahliseo.com/
  • ahliseo.com
Baca :  Perbedaan SEO Dan SEM, Manakah yang terbaik?

Mudah bukan? jika memang dianggap lebih mudah maka cobalah untuk praktikan ke backlink blog.

3. Generic Anchor Text

Ini hanya anchor text yang biasa atau jika saya sebut adalah Mainstream, sudah basi dan sudah banyak sekali teknik ini digunakan.

Ingat meskipun demikian tetap saja kita harus menggunakannya secara natural, seperti :

  • Baca lengkap
  • Selanjutnya
  • Kunjungi situs

Sudah sering melihat ya? karena memang bukan teknik asing, setiap blogger pasti akan menggunakan cara satu ini.

4. Long Anchor Text

Agar lebih bervariasi model dari anchor text, kita dapat menggunakan teks yang lebih panjang untuk backlink di situs, contohnya saja long anchor text ini yang menggunakan text panjang diurl backlink. Contohnya :

  • Teknik seo terbaru dan paling mudah
  • Materi anchor text yang sangat rahasia untuk blogger

Semakin panjang maka tingkat relevansi dengan konten blog kita akan semakin baikm jangan takut apalagi bahasanya “hemat teks”.

5. Partial Match Anchor Text

Jika terlalu panjang menggunakan Long Anchors maka kita buat sedikit pendek dengan model ini, caranya kita hanya memfokuskan anchor text pada kata kunci utama saja. Contohnya saya akan membuat target kata kunci “resep makanan enak” maka :

  • Makanan Enak
  • Resep Makanan

Kita hanya perlu mengambil kata kunci utamanya saja agar bisa mendongkrak kata kunci yang ditargetkan.

6. Brand dan Keyword Anchor Text

Belum cukup sampai disini saja karena kita akan kekurangan bentukan dari sebuah backlink nanti, cara lainnya adalah menggabungkan antara Brand Anchor Text dengan Keyword Anchor Text. Contohnya brandnya adalaha “Dewaweb” dan Keywordnya “Hosting terbaik” maka :

  • Paket hosting terbaik Dewaweb
  • Dewa web penyedia hosting terbaik

Banyak sekali kombinasi yang bisa digunakan sehingga dapat menambah varian sebuah backlink.

7. LSI Anchor Text

Jika Partial-Match Anchor Text itu membuat teks yang panjang menjadi singkat maka ini kebalikannya, teknik ini adalah teknik terbaik agar mesin pencari lebih mudah mengenali halaman atau post dari sebuah blog.

Bagaimana bisa?

Baca :  Memahami Arti Sebuah SEO Agar Tercipta Blog Yang Berkualitas

Karena search engine akan merayapi dan melihat kata pendukung dari sebuah kata kunci utama, agar lebih mudah memahaminya saya akan berikan contoh. Misalnya keyword utamanya adalah “Membangun blog” maka :

  • Cara membangun blog
  • Membangun blog mudah
  • Metode membangun blog

Untuk mendapatkannya kita bisa menggunakan tools pencari kata kunci LSI seperti Google Keyword Planner.

8. Exact Match Anchor Text

Lelah? lanjutkan membaca karena ini masih 600 kata yang dibaca. Metode paling sering digunakan karena terlalu ampuh sehingga blog mudah page one dan rank one, dengan inilah mengapa artikel blog saya banyak yang mendominasi halaman pertama mesin pencari google.

Anchor text ini disamakan dengan kata kunci utama, jadi tidak diberi tambahan kata dan tidak dikurangi. Contohnya saya membuat target di kata kunci “Hosting Murah” yasudah tahapan selanjutnya yang saya lakukan hanya membuat backlink dengan anchor text yang sama.

Untuk menerapkannya bisa dengan <a href=https://www.dewaweb.com/>Hosting Murah</a> .

TETAPI jangan sampai melakukan ini pada banyak backlink, sampai ribuan situs dengan metode anchor text ini. Maka yang akan terjadi adalah deindex, penalty google dan spam score yang semakin tinggi. Cukup 1 – 10 Situs saja agar lebih natural.

cek spam score blog

9. Image Anchor Text

Kita dapat menyematkan Anchor Text yang sesuai pada Alt Image agar google tidak membuat pernyataan bahwa gambar tersebut tanpa adanya atribut “noText”, cukup membantu tingkat relevansi blog.

10. No Anchor Text

Sudah lelah rasanya memikirkan anchor text, KOSONGKAN. Kenapa? untuk apa ribet memikirkan anchor text pada saat membuat backlink, cukup kosongkan saja namun melakukannya dengan secara baik dan benar. Contohnya :

  • <a href=http://www.michzo.com/></a>
  • <a href=http://www.michzo.com/>noText</a>

Sedikit aneh namun itulah SEO, aneh tetapi harus tetap dipahami dan dilakukan.

Kesimpulan

Agar lebih natural saya sarankan gunakanlah setiap jenis dan bentuk dari anchor text diatas, jangan sembarangan menaruh anchor text karena akan menjadi sampah saja tanpa membuat efek yang berkualitas bagi SEO blog. Cobalah untuk menggabungkan kata dan jenis anchor text agar stoknya semakin banyak namun 1 buah target.

Rahmat Agung Julians
Author: Rahmat Agung Julians

Halo, saya adalah praktisi SEO di Kuningan, Jawa Barat. Pada blog ini saya memberikan informasi mengenai blogging dan SEO, semua yang saya tulis pada blog ini merupakan pengalaman saya yang telah saya lakukan.

One thought on “Berbagai Jenis dan Bentuk Anchor Text untuk Optimasi SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *