Bandwidth dan Disk Space Yang Dibutuhkan Untuk Menggunakan WordPress

Banyaknya ruang penyimpanan dari sebuah layanan hosting yang dibutuhkan untuk memasang CMS WordPress untuk keperluan blogging ini sangatlah penting untuk diperhatikan, pilihlah hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan target untuk kapasitas kedepannya.

Layanan Hosting Terbaik Untuk WordPress

Tidak hanya penyimpanan namun ukuran bandwidth juga sangat amat penting untuk diperhatikan, memang wordpress ini adalah layanan untuk keperluan di self-hosting yang di mana kita harus membuat dan mengaturnya sendiri berbeda dengan blogger yang hanya upload template dan artikel lalu optimasi saja.

Apa Itu Bandwidth dan Apa Fungsinya?

bandwidth adalah suatu kapasitas maksimum dari sebuah jalur komunikasi yang dipakai untuk melakukan perpindahan data dalam hitungan detik (seconds). Fungsinya adalah untuk menghitung dari transaksi data.

Apa Itu Disk Space dan Apa Saja Jenis Formatnya?

Disk Space dalam hosting adalah ukuran daya tampung atau kapasitas secara total dari file-file yang akan di unggah pada sebuah website. Biasanya ukuran pada Space ditunjukan dengan format MB (Megabyte) dan GB ( Gigabyte).

Untuk menentukan ukuran kapasitas penyimpanan kita bisa melihat untuk beberapa konten yang kita gunakan, jika konten tersebut memerlukan banyak asset seperti gambar, video atau media lainnya silahkan pilih hosting dengan kapasitas yang besar setidaknya 1GB ruang penyimpanan. Sama halnya dengan flashdisk atau hard disk dikomputer.

Penggunaan wordpress di  ruang penyimpanan hosting menurut sebuah perusahan hosting :

  • WordPress Core: 8.9 MB (4.9.5+)
  • Rata-rata Direktori plugin: 100 MB
  • Rata-rata Direktori tema: 25 MB
  • Rata-rata Direktori upload: 1 GB
  • Rata-rata Database MySQL: 85 MB

Diatas merupakan hasil riset layanan hosting dari rata-rata penggunaan wordpress, memang artinya setiap pemasangan wordpress itu biasanya ditotalkan sebesar 1,2GB.

Biasanya sebuah perusahaan yang menyediakan layanan WEB HOSTING akan membuat beberapa pilihan ruang penyimpanan yang diberi macam-macam harga, terdapat beberapa istilah yaitu Web Space, SSD Space, Disk Resource, dan Disk Space.

Melihat keperluan bandwidth kita perlu melakukan riset tentang :

  1. Berapa jumlah visitor blog
  2. Berapa ukuran tema
  3. Berapa cepat loading hosting

Maka dari itu hal ini akan membuat bingung dan membuat bimbang orang yang akan membangun sebuah blog dengan menggunakan CMS WORDPRESS.

Penyedia layanan hosting akan menjanjikan ruang penyimpanan dan bandwidth yang unlimited atau tidak terbatas. Tapi jika dipikirkan lagi, apakah ada penyimpanan yang sebesar itu ? bagaimana bentuknya ? nah, didalam hal ini tentu saja penyimpanan tersebut dikatakan unlimited dikarenakan kapasitasnya yang melebihi batas biasanya yang akan kita habiskan total penyimpanannya.

Berapa banyak ruang penyimpanan yang dibutuhkan situs web itu bergantung pada berbagai aspek. Itu tergantung pada inti WordPress, plugin, dan tema, database dan file media, cadangan situs, dan hosting email.

Berapa banyak yang diperlukan ruang penyimpanan itu tergantung dengan apa saja yang akan dipakai dan disimpan didalamnya. Jika memakai WordPress maka harus mempertimbangkan penggunaan plugin, tema, database, backup data, dan penyimpanan untuk email

Untuk keperluan personal usahakan penyimpanan tidak kurang dari 1GB, di rekomendasikan sebayak 3GB agar kapasitas dapat mencukupi untuk kita memasang wordpress dan menyimpan beberapa asset seperti  gambar dan video. Salah satunya kita bisa menggunakan layanan Cloud Hosting Warrior Dewaweb, dengan disk space sebanyak 3GB bisa dijadikan andalan ketika akan membangun sebuah blog  dengan wordpress.

Tinggalkan komentar