Kelebihan dan Kekurangan Saat Menggunakan Subdomain Dari Blogspot

Memilih domain memang harus dipikirkan secara matang, inilah penentu dikenal dan berkualitas atau tidaknya sebuah blog. Sebagai blogger yang membahas seputar Blog khususnya Blogspot biasanya akan memulai rancangan dengan menggunakan subdomain dari blogspot.

Subdomain ini diberikan sacara terbuka dan menjadi bawaan saat membuat blog di blogspot.com, oleh sebab itu dengan mengguakan layanan blogspot kita akan mendapatkan beberapa keunggulan dan kelebihan dari blogspot tersebut.

Contohnya dari penggunaan subdomain blogspot adalah michzo.blogspot.com, saya menyarankan untuk blog yang serius dan membangun sebuah bisnis maka gunakanlah domain TLD (Top Level Domain) agar lebih profesional.

Masih banyak pengguna internet yang kurang percaya pada situs yang memiliki domain panjang seperti blogspot tersebut, maka dari itu ada baiknya jika kita memiliki budget yang cukup bisa membeli domain. Tidak perlu bingung, kita bisa membeli domain dengan harga murah dipenyedia layanan hosting dan domain.

Kesalahan yang dilakukan oleh pengguna layanan gratis ini mereka menghapus credit link dari sebuah blog, seperti ‘powered by blogger‘ entah karena gengsi atau malu tetapi itulah yang dilakukan banyak blogger. Padahal banyak juga blogger-blogger yang sudah terkenal namun tetap menggunakan subdomain blogspot ini, masih tetap menghasilkan uang dan tetap terkenal.

Kelebihan Menggunakan Subdomain Blogspot

Simak dengan baik lalu bersyukurlah ketika anda berada diposisi tersebut, tidak perlu malu dan harus tetap semangat ngeblog.

1. Gratis Tidak Perlu Membayar

Domain keren yang menggunakan TLD seperti .com .net dan .id memang bagus namun hal tersebut mengharuskan kita membayar setiap tahunnya kepada penyedia domain agar domain tidak hangus dan dihapus, berbeda dengan subdomain dari blogger ini yang diberikan gratis kepada kita sebagai pembuat blog di Google.

Ini akan menjadi keuntungan bagi blogger yang masih takut untuk mengeluarkan dana / anggaran untuk mengelola blog, gunakanlah subdomain gratis ini untuk langkah awal ngeblog karena banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan.

2. Tidak Perlu Diperpanjang

Sesuai denganĀ point pertama bahwa subdomain ini tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun, melihat harga domain TLD cukup mahal dan sangat beragam. Seperti domain .com memiliki harga 120rb dan .idseharga 250rb, bukan hanya sekali membayar tetapi pada tahun berikutnya kita harus perpanjang lagi domain yang sudah dibayar diawal agar tetap online.

Daftar harga bisa saja berubah karena mengikuti daftar harga dari penyedia domain

Contohnya kita membeli domain di tanggal 16/02/2020 maka setelah berjalan selama 1 tahun tepatnya pada tanggal 16/02/2021 kita harus membayar lagi untuk domain yang kita pakai.

Berbeda dengan subdomain blogspot mau bertahun-tahun lamanya bahkan sampai nanti layanan blogspot dihapus akan tetap gratis dan tidak perlu membayar ke pihak Google.

3. Bisa Menayangkan Iklan

Banyak sekali provider untuk menayangakan iklan pada blog kita namun saya akan membahasnya khusus pada Google Adsense.

Google Adsense memiliki 2 tipe yaitu non-hosted dan akun hosted, artinya akun Google Adsense non-hosted adalah akun yang diberikan untuk menayangkan iklan di seluruh domain dan situs website sedangkan akun Google Adsense hosted adalah akun yang menayangkan iklan khusus untuk platform dari Google seperti Blogspot dan Youtube saja.

Apa bedanya? Akun hosted lebih sedikit potongannya dibandingkan akun non-hosted, meskipun daftarnya susah.

Panduan agar mudah diterima Google Adsense sudah saya buat diblog dan bisa dijadikan bahan review untuk melihat kelayakan blog saat mendaftar penayangan iklan, ujung-ujungnya subdomain ataupun domain utama tidak perpengaruh besar pada saat mendaftar dan konten adalah faktor utama dari diterima atau tidaknya oleh Google Adsense.

Saat ini domain my.id tidak mudah untuk diterima Google Adsense, bahkan bisa dibilang tidak bisa untuk mendaftar Google Adsense akan tetapi ada juga yang memakai domain my.id yang diterima hanya saja tingkat diterimannya cukup kecil dan sampai saat ini masih belum jelas seperti apa faktanya.

4. Mudah Page One

Bot dari mesin pencari selalu memiliki situs mana yang cocok untuk ditampilkan dihalaman depan, contohnya Google yang memiliki algoritma khusus dimana Bot yang dimilikinya sangat sensitif.

Buatlah artikel yang berkualitas agar lebih mudah untuk blog menjadi page one, dengan menggunakan subdomain google ini juga akan lebih memudahkan blog menjadi page one. Percaya atau tidak percaya bahkan banyak sekali situs blog yang menggunakan subdomain gratis ini mendominasi halaman mesin pencari.

5. Tidak Ada Batasan

Sudah tidak bayar, tetap menghasilkan, tetap mudah SEOnya kita masih diberi keuntungan yaitu bisa membuat blog dengan jumlah banyak. Cukup menggunakan satu akun Google kita dapat membuat puluhan blog bahkan ratusan pada blogspot, jangan takut dikenakan biaya karena ini GRATIS.

Bayangkan jika membuat blog dengan domain TLD semua, saya contohkan jika domain yang digunakan .com seharga 100rb dan saya akan membuat blog sebanyak 10 maka total yang harus saya bayar adalah 1jt rupiah, banyak sekali bukan? padahal hanya membuat 10 blog saja dibandingkan dengan blogspot yang gratis bisa membuat ribuan blog sekaligus tanpa biaya.

Kekurangan Menggunakan Subdomain Blogspot

Ada kelebihan pasti ada kekurangan, hal ini berlaku bagi penggunaan domain dari blogspot.

1. Sulitnya Dipercaya

Menggunakan layanan subdomain dari blogspot memang gratis dan sama fiturnya seperti domain TLD, akan tetapi saat sebuah blog menggunakan subdomain dari blogspot ini akan membuat kepercayaan pengunjung berkurang terhadap blog.

Maka dari hal inilah yang menjadi paksaan untuk blogger agar menggunakan domain TLD, ada yang langsung menggunakan domain TLD dan ada juga yang menggunakan blogspot dulu lalu selang bebarapa waktu berganti jadi TLD.

Saya sarankan lebih baik pilih langsung TLD dibandingkan menggunakan blogspot terlebih dahulu, karena akan merepotkan ketika berganti domain tersebut kita harus melakukan indeks ulang pada webmaster dan pembenahan link mati pada blog.

2. Domain Yang Panjang

TLD akan membantu pengunjung blog untuk mengingkat nama sebuah blog, dalam penggunaanya subdomain blogspot ini panjang sekali dibandingkan dengan domain TLD. Contohnya michzo.com dan michzo.blogspot.com, pastinya akan lebih mudah mengingat michzo.com saja.

Apalagi jika blog yang dibuat bertujuan untuk menjual dan berbisnis, saya tidak rekomendasikan penggunaan subdomain blogspot ini.

3. Resiko Banned

Karena ini layanan gratis yang diberikan oleh Google, ketika akun google tersebut, melanggar salah satu dari aturan yang ditetapkan oleh Google maka akun akan dihapus yang membuat seluruh data termasuk Google Adsense dan Blog juga ikut terhapus oleh google.

Berbeda dengan menggunakan domain TLD dan menggunakan Self-Hosting yang lebih aman, setidaknya ketika akun dibanned blog tetap berdiri kokoh di internet. Hal ini juga yang membuat saya berpindah dari blogspot ke WordPress Self-Hosting.

Kesimpulan

Jangan malu dan tidak semangat ketika masih menggunakan layanan gratis ini, justru harus bisa menjadi bahan motivasi dan penyemangat untuk kita saat ngeblog agar cepat bisa menghasilkan dan membeli domain TLD. Tetap saja apapun domain yang digunakan jawaban dari penghasilan adalah Traffic dan Konten, domain hanya pendukung saja bagi SEO dan kepercayaan pengunjung blog.

Tinggalkan komentar