Kenapa Michzo Pindah Ke WordPress Self-Hosted?

Halo, saya Rahmat Agung Julians. Beberapa hari kebelakang saya memutuskan untuk bermigrasi atau berpindah blog michzo.com dari blogger ke WordPress Self-Hosted.

logo michzo

 

Rencana ini sudah dibuat dengan konsep dan pemikiran yang matang sehingga saya yakin untuk melakukan migrasi dari blogger ke wordpress ini, pada tanggal 16 Januari 2020 saya akhirnya memutuskan untuk memindahkan layanan ke wordpress.

Banyak yang mendukung ketika saya ingin berpindah ke wordpres, apapun yang mereka pikirkan namun hal itu membantu saya dalam membuat keputusan yang tepat.

Mengapa Tidak Langsung Memakai WordPress?

Pada saat saya memulai ngeblog memang yang saya pakai adalah blogger, hal itu dikarenakan tidak perlu mengeluarkan modal yang cukup banyak saya hanya bermodalkan domain saja untuk membangun blog di blogger tersebut.

Kenapa Pindah ke WordPress?

Memang blogger itu gratis dan lebih mudah digunakan, namun ketika saya membutuhkan alat untuk membantu saya dalam melakukan optimasi blog termasuk optimasi SEO, saya membutuhkan beberapa bahan tambahan seperti plugin. Tentu saja hanya wordpress yang bisa diandalkan dalam hal itu, blogger tidak dapat menambahkan plugin dan script tambahan lainnya.

Berikut Ini Beberapa Alasan Saya Pindah ke WordPress:

  • Saya ingin fokus dalam menulis dan membuat artikel yang lebih berbobot.
  • Bisa memasang beberapa plugin
  • Tema atau template yang lebih saya sukai
  • Menambah dan menggali ilmu blogging yang tidak monoton di blogger saja

Keuntungan saya pindah ke wordpress:

  • Saya bisa lebih fokus saat membuat konten artikel yang memiliki bobot tinggi
  • Tema yang saya inginkan bisa saya pakai dan memang tidak ada di blogger
  • Pluggin yang saya butuhkan bisa saya pasang untuk keperluan SEO

Kerugian saya pindah ke wordpress:

  • Saya harus lebih mengamankan blog karena memiliki akses yang lebih rentan
  • Optimasi blog yang tidak hanya off page tapi on page yang lebih berat dibandingkan blogger
  • Konten yang saya buat sebelumnya tidak dapat dipublish

Didalam point kerugian terakhir dimana konten yang diblogger tidak saya pindahkan alasannya memang saya menghindari yang terjadinya error dan duplikat konten sehingga menurunkan kualitas seo on page blog saya, oleh sebab itu saya tidak memasukan keseluruhan konten yang terdapat diblog sebelumnya.

Bagaimana michzo.com Kedepannya?

Pastinya sesuai dengan keputusan saya, saya akan lebih fokus dan mengutamakan bobot dari artikel dan optimasi seo, difokuskan dalam segi seo dan blogging namun tidak melupakan dasarnya blog ini yaitu teknologi.

Blog ini akan saya jadikan tampungan dari pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki, saya niatkan untuk berbagi dan semoga bisa menjadi pedoman bagi yang ingin belajar dan berkembang.

5 pemikiran pada “Kenapa Michzo Pindah Ke WordPress Self-Hosted?”

  1. Terimakasih kepada michzo ini yang dimana anda ini selalu membuat sebuah artikel berdasarkan pengalaman anda sendiri, dan pengalaman adalah sebuah ilmu yang nyata dan benar benar ilmu yang sudah kita perbuat, apapun itu pengalaman lah yang menjadi hal paling utama dalam sebuah pelajaran dan lain sebagainya.

    Balas
    • Yang terpenting adalah isi dari konten artikel yang saya sampaikan, jika ada kekurangan baik dari penggunaan kata atau cara penyampaikan silahkan untuk memberikan saran dan masukan.

      Balas

Tinggalkan komentar