Kesalahan SEO Yang Dilakukan Oleh Pengguna WordPress

Membangun sebuah blog tentunya butuh tenaga dan usaha yang sangat besar, perlu waktu untuk optimasi SEO pada blog agar blog menjadi SEO Friendly. Untuk pengguna WordPress banyak sekali yang bisa dilakukan untuk optimasi blog, hindari kesalahan – kesalahan SEO pada WordPress yang menyebabkan blog menurun kualitasnya.

Setelah menerapkan SEO pada blog, blog akan ramai dan tidak sepi seperti kuburan lagi. Maka dari itu hindari beberapa kesalahan optimasi SEO pada WordPress.

Kesalahan SEO Pengguna WordPress

1. Penggunaan Permalink

Untuk membuat WordPress lebih SEO Friendly ada baiknya mengatur permalink yang mengandung kata kunci, semakin kuat konten dan didukung oleh adanya kata kunci pada URL ini menjadikan blog lebih mudah bersaing dimesin pencari. Kita hanya perlu merubahnya di pengaturan dan merubah format atau bentukan dari URL permalink tersebut.

2. Melupakan Sitemap

Memang di WordPress membuat sitemap khususnya XML Sitemap itu lebih sulit dan ribet dibandingkan dengan membuat sitemap pada blogspot, banyak sekali plugin yang menyediakan fitur untuk penggunaan sitemap pada WordPress. Saya sendiri menggunakan sitemap dari plugin XML-Sitemap untuk membuat sitemap pada blog michzo.

Banyak sekali pengguna WordPress yang melupakan sitemap ini dengan alasan ribet dan tidak mau usaha, padahal sitemap ini akan dirayapi oleh Google Bot dan untuk melihatnya kita bisa menggunakan GSC (Google Search Console) agar jumlah artikel dan halaman yang sudah dilihat oleh BOT bisa kita perhatikan.

Sitemap ini akan memudahkan blog untuk terindeks di mesin pencari, oleh sebab itu pastikan kalian tidak melupakan teknik SEO yang satu ini.

3. Kesalahan Outbound Link

Yang satu ini merupakan syarat wajib yang harus dipakai sebagai pengguna WordPress apalagi jika memakai plugin rank math yang mengharuskan setiap artikel memiliki 1 buah internal link dan 1 buah outbound link.

Contoh Syarat SEO Pada WordPress

Dengan data diatas kita harus membuat semua simbol X yang berwarna merah menjadi simbol Ceklis berwarna hijau, dengan melengkapi syarat SEO pada plugin Rank Math bisa memperbesar kemungkinan artikel menjadi page one.

Kesalahan pada outbound link ini adalah pengguna tidak menempatkan anchor text bersama link keluar yang tidak relevan (tidak sama pembahasannya dengan anchor text) atau bisa disebut click bait. Bukan hanya pada media youtube saja istilah click bait ini melainkan pada blog juga ada yang namanya click bait.

Buatlah outbound link yang relevan agar blog menjadi lebih berkualitas dan artikel lebih mudah page one, bukan hanya itu saja tetapi pengunjung juga akan betah berlama-lama diblog karena topiknya yang sangat luas saling berkaitan.

4. Tidak Menggunakan Google Search Console

Sudah terlalu nyaman dengan plugin pada WordPress membuat pengguna menjadi lebih terikat oleh plugin sedangkan tools untuk memaksimalkan blog pada webmaster saja tidak digunakan, alat inilah yang akan memberitahu jika ada kesalahan pada blog dan berapa besar kualitas blog itu untuk disukai mesin pencari google.

Untuk menggunakan GSC ini kita bisa mengunjungi situs Google Search Console dan melakukan analisis untuk kualitas blog.

5. Versi Jadul WordPress

WordPress sering diperbarui pada waktu tertentu dan Anda juga harus melakukan update untuk versi yang baru, karena Anda bisa mendapatkan keuntungan dari fitur seperti peningkatan keamanan, peningkatan kecepatan dan berbagai perbaikan lainnya. Sebagian pengguna WordPress masih banyak yang tidak memperbarui situs mereka dan dengan demikian situs tersebut akan sangat berisiko menjadi rentan atau terjebak dengan website yang tidak berjalan dan berfungsi secara optimal. Melakukan update WordPress sangatlah mudah, jadi Anda harus melakukannya setiap WordPress memberikan notifikasi update pada Dashboard Anda.

WordPress itu merupakan CMS yang selalu diperbarui secara terus menerus untuk memperbarui versi sebelumnya, dengan memperbarui versi cms WordPress kita akan mendapatkan fitur dan kemanan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan versi sebelum diperbarui.

Jika tidak mengupdate WordPress maka blog akan lebih beresiko yang membuat blog crash dan error tidak bisa diakses oleh pengunjung, perbarui WordPress bisa dilakukan secara manual di otomatis namun jangan sampai kita lupa untuk backup terlebih dahulu sebelum melakukan update tersebut.

Kesimpulan

Mengetahui 5 Kesalahan SEO Pengguna WordPress ini membuat kita lebih berkembang dan lebih bisa memaksimalkan kualitas SEO khususnya user WordPress, tetap optimasi dan membagi waktu antara optimasi SEO dan membuat konten karena blog berkualitas SEO juga percuma jika tanpa adanya konten didalamnya dan seperti itu juga kebalikannya.

Tinggalkan komentar