Cara Memasang Lazy Load untuk Iklan Google AdSense pada Blog

Dengan Google AdSense kita akan mendapatkan uang pada blog, sebelumnya kita lihat script dari Google AdSense merupakan script yang async (asynchronous) dibuat agar saat render blog tidak terjadi blocking atau disebutnya adalah blocking render JS.

Setelah saya memasang iklan AdSense pada blog ini rasanya masih berat pada loading blog, dan saya mencoba untuk memasang lazyload untuk Google AdSense.Terbukti bahwa loading blog menjadi lebih cepat dan skor di GTMETRIX juga lebih bagus, selain itu saya juga hanya menggunakan 1 file javascript saja yang diberikan oleh Google. Karena jika setiap iklan diberi file javascript maka laoding blog akan semakin lambat, hal ini dikarenakan browser akan memuat seluruh file tersebut, padahal iklan akan tetap tayang meskipun hanya memiliki 1 file javascript saja.

Kembali lagi bahwa saya akan memanfaatkan javascript untuk memanipulasi loading iklan Google AdSense ini, yaitu dengan action on scroll. Ketika pengguna melakukan scroll pada blog maka script akan memuat file javascript dari Google AdSense.

Cara Membuat Lazy Load Iklan AdSense

Letakan baris kode berikut pada bagian sebelum </body>, berlaku untuk WordPress dan Blogspot.

<script>
//<![CDATA[
var lazyadsense = false;
window.addEventListener("scroll", function(){
if ((document.documentElement.scrollTop != 0 && lazyadsense === false) || (document.body.scrollTop != 0 && lazyadsense === false)) {
(function() { var ad = document.createElement('script'); ad.type = 'text/javascript'; ad.async = true; ad.src = 'https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js'; var sc = document.getElementsByTagName('script')[0]; sc.parentNode.insertBefore(ad, sc); })();lazyadsense = true;}}, true)
//]]>
</script>

Hanya seperti itu, namun efeknya sangat bagus. Jika blog memiliki tayangan iklan yang berat saya sarankan untuk menggunakan lazy load adsense ini. Jika loading blog masih berat, bisa gunakan jasa optimasi kecepatan blog.

Tinggalkan komentar