Cara Penggunaan Long Tail Keyword Beserta Alasannya

By | Januari 21, 2020

Long Tail Keyword (LTK) adalah kata kunci turunan yang dibuat berdasarkan kata kunci utama yang kita targetkan, cara penggunaan long tail keyword yaitu jika kata kunci pertama yang ditargetkan hanya memiliki 2 kata maka penggunaan long tail keyword untuk kata kunci tersebut harus lebih dari pada 2 dan bisa saja 3, hal ini berlaku untuk keyword selanjutya, jika yang ditargetkan itu 3 maka long tail keywordnya harus lebih dari pada itu.

cara penggunaan long tail keyword

Intinya long tail keyword adalah kata kunci (keyword) yang dihasilkan dari kata kunci utama dengan menambahkan beberapa kata, tetapi tetap berkaitan dengan kata kunci utama yang kita targetkan. long tail keyword pada biasanya memiliki nilai minimal 3 buah kata.

Cara Penggunaan Long Tail Keyword

Ketika ada orang yang ingin belajar SEO pastinya tidak hanya mencari dengan kata kunci “Belajar SEO” mereka akan menggunakan kata yang lebih relevan dengan minat yang sedang dicari seperti “Belajar SEO Mudah” , “Belajar SEO Gratis“, atau bisa juga dengan “Kursus Belajar SEO Termurah”.

Tools Untuk Mencari Long Tail Keyword

1. Ubersuggest

Dengan menggunakan situs Ubersuggest, kita bisa mencari dan mendapatkan banyak sekali kata secara langsung.

2. Forum dan Sosial Media

Dengan melihat setiap obrolan yang orang-orang obrolkan didalam sebuah forum atau sosmed maka kita dapat mengambil beberapa sampel untuk dijadikan long tail keyword, bahkan dengan cara ini kita tidak perlu hal-hal yang ribet dikarenakan kita akan lebih mengetahui apa saja yang orang-orang sedang cari diwaktu sekarang ini.

Baca :  Pengertian Internal Link dan Hubungannya Dengan Bounce rate

long tail keyword

Alasan Harus Menggunakan Long Tail Keyword

  1. Short tail keyword atau kata kunci pendek yang memiliki dua buah kata pada umumnya di mesin pencari kata kunci tersebut sudah dimiliki oleh blog atau website yang sudah besar dan mempunyai reputasi yang tinggi di mesin pencari. jika kita hanya menggunakan short tail keyword maka kita harus siap untuk bersaing dengan situs-situs tersebut, Yakin ? jika memang yang ditarget itu membuahkan hasil yang baik dan memiliki traffic tinggi maka lakukanlah dan harus yakin, setidaknya buatlah blog berada diposisi 10 besar agar artikel yang dibuat dapat mendatangkan traffic tinggi.
  2. Tidak selamanya yang dicari itu menggunakan short tail keyword, banyak topik yang dicarinya harus menggunakan long tail keyword. Maka dari itu ada baiknya gunakanlah kata kunci pada judul artikel agar saat orang mencari sebuah topik dimesin pencari dengan long tail keyword, tingkat relevansi judul dengan kata kunci akan tinggi sehingga kemungkinan besar blog akan berada di 10 besar.
  3. Memudahkan kita dalam pembuatan konten artikel, seperti ketika kita membuat sebuah artikel yang membahas sebuah “bodi mobil” maka akan menyulitkan kita dalam membuat artikelnya, hal itu dikarenakan kita harus membahas keseluruhan hal-hal yang berkaitan dengan bodi mobil tersebut, berbeda dengan mengunakan LTK ini seperti kita akan membahas seputar “bodi karbon untuk mobil” maka kita hanya akan berfokus pada hal intinya saja dan membahas seputar bodi karbon pada mobil tersebut tanpa harus memasukan hal yang tidak perlu sampai membuat bingung.
  4. Daya saing dengan mengunakan LTK juga lebih mudah dibandingkan dengan pengunaan kata kunci tanpa LTK, masih banyak blogger yang tidak menggunakan kata kunci LTK ini sehingga membuat kita lebih mudah bersaing dalam pembuatan konten yang masuk kedalam 10 besar dimesin pencari google.
  5. Nilai konversi yang tinggi membuat lakunya Long Tail Keyword ini, seperti ketika kita membahas seputar “belajar seo mudah dan gratis” maka bisa saja kita memasukan produk yang berkaitan dengan hal itu misalnya dengan memasukan buku yang akan dijual kepada pengunjung blog. Ini akan membantu menarik pengunjung untuk membeli produk tersebut dikarenakan nilai konversinya tinggi.
Baca :  Pengertian Broken Link Serta Dampak dan Cara Memperbaikinya

Tingkat Prioritas Keyword

Pada blog-blog tertentu ada yang seharusnya mengutamakan banyaknya pencarian dimesin pencari dan ada juga yang harus memperhatikan tingkat persaingan yang dihadapi blog, namun yang paling penting ketika akan bersaing dimesin pencari adalah kita harus memberanikan diri untuk bersaing sehingga bisa mendatangkan profit dan income yang tinggi juga, Jika hanya berdiam diri dititik aman dengan menggunakan keyword perdaya saing rendah dan volume rendah maka blog tidak akan berkembang dan bisa sepi pengunjung.

Jadi kamu memilih pengunakan long tail keyword atau menggunakan keyword biasa ? kita bisa mempertimbangkannya dengan melihat tingkat relevansi, persaingan dan nilai konversinya.

Rahmat Agung Julians
Author: Rahmat Agung Julians

Halo, saya adalah praktisi SEO di Kuningan, Jawa Barat. Pada blog ini saya memberikan informasi mengenai blogging dan SEO, semua yang saya tulis pada blog ini merupakan pengalaman saya yang telah saya lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *