5 Cara Mudah Mempertahankan Domain Authority pada Blog

Sudah paham mengenai Domain Authority? jika sudah maka artikel ini adalah jalan terbaik untuk melanjutkan pemahaman Kamu. Untuk pengetahuan umum, baca mengenai Domain Authority terlebih dahulu agar apa yang saya bahas disini dapat lebih mudah dipahami.

Dalam mempertahankan Domain Authority merupakan hal yang tidak mudah. Apalagi itu menuju pada blog Kamu. Karena dimata Google, Domain Authority juga merupakan hal yang penting.

Cara Mempertahankan Domain Authority

Saya membuat 5J yang menjadi sebutan agar lebih mudah mengingat materi untuk mempertahankan kepercayaan domain blog, isinya sebagai berikut.

1. Jarak antara DA & PA Harus Aman

Saya pernah melihat sebuah blog dengan otoritas domain 4 tetapi halaman otoritas adalah 32. Blog yang pernah saya temukan blog tentang cerita mistis.

Beberapa waktu kemudian, ketika saya periksa lagi menggunakan CheckMoz, domain authority dari blog mistis tadi menurun menjadi 3. Sementara itu, otoritas halaman tetap terhenti. Bagi saya, kondisi ini tidak seimbang dan tampaknya tidak wajar.

Menurut Kamu apa penyebabnya? Menurut personal, penyebabnya adalah maraknya backlink diperoleh. Yang sebenarnya membuat blog tidak sehat karena cenderung memaksa diri untuk mendapatkan backlink sebanyak mungkin.

Seperti yang Kamu ketahui, jarak antara DA dan PA yang terlalu jauh dapat memicu penurunan otoritas domain, termasuk Page Authority. Biasanya Page Authority terlalu tinggi dikarenakan jumlah backlink yang di peroleh tidak masuk akal, sementara blog tersebut memiliki postingan tak sampai puluhan artikel. Di sisi lain, 80% traffic yang didapatkan blog tersebut berasal dari link sindikasi.

Terutama jika blog jarang diperbarui, pasti bahwa PA akan turun juga. Untuk itu, jika Kamu tidak ingin jatuh dramatis dalam Page Authority blog, ide yang baik untuk mempertahankan kesenjangan antara Page Authority dan domain Auhtority.

Jarak yang aman antara kedua hal ini adalah 2-5. Sebagai contoh, jika DA blog Kamu 4 cobalah mempertahankan PA di angka 6-7. Karena menurut saya itu stabil

2. Jangan Sampai Jarang Update

Titik ini masih berhubungan dengan apa yang saya jelaskan di atas. Terkadang juga, jika blogger jarang update dapat memperlebar jarak antara DA dan PA blog. Sebagai contoh, jika saya jarang update di blog ini, PA blog akan meningkat sementara DA tidak berubah untuk waktu yang lama.

Oleh karena itu, semakin sering update artikel pada postingan semakin besar kemungkinan DA akan bangkit secara alami, seperti halnya PA.

Tapi bagaimana jika blog kita belum diperbarui selama 6 bulan? Saya yakin Anda sudah tahu jawabannya, tentunya DA blog Kamu pasti akan turun. Jika sudah turun, pasti akan sulit untuk naik lagi.

3. Jangan Sampai Skor Spam Tinggi

Ada banyak faktor mengapa Skor spam blog yang tinggi. Salah satunya adalah terlalu banyak duplikat konten di blog atau link balik yang Diperoleh dari situs senonoh dan situs ilegal lainnya.

Jika Kamu telah melakukan itu, ada baiknya Kamu bermain secara aman. Karena blog Kamu bisa – bisa akan dihapus dari SERPs karena melanggar kebijakan Google. Untuk menghindari penalti dari Google, sebaiknya buat konten orisinal, unik, dan berkualitas. Setelah itu, Kamu harus memeriksa backlink secara teratur.

Apa tujuannya? Tujuannya ialah untuk mengidentifikasi spam link balik (backlink) yang langsung berkontribusi ke blog dan DA nilai spam.

4. Jangan Mengedit Artikel Secara Berlebihan

Cobalah untuk melakukan percobaan sederhana seperti ini. Silahkan menemukan artikel di blog Kamu yang paling populer dan kemudian mengedit artikel. Sehingga dampak yang dirasakan tidak terlalu signifikan, hal ini saya sarankan Kamu mengedit seperlunya saja jangan berlebihan.

Semisal, Kamu menyelesaikan artikel dengan menambahkan visualisasi ke tampilan konten, mengoreksi kata kesalahan ketik dan sebagainya. Setelah itu, Re-indeks artikel dan menunggu 1 hari. Keesokan harinya, lihat apakah ada perubahan dalam hal lalu lintas.

Dapat saya pastikan pengunjung akan menurun. Mengapa hal ini terjadi? Karena Google perlu mengindeks ulang seperti konten baru, sebelum artikel kembali seperti semula dan dengan mengindeks ulang artikel di blog Kamu, Kamu secara tidak langsung meminta Google untuk meninjau isi konten yang terkandung di dalamnya. Dan, perubahan semacam ini dapat membuat posisi blog Kamu di SERP mengalami penurunan. Meskipun akan bangkit lagi dalam beberapa minggu.

Pada intinya, Google mencoba untuk memahami isi blog Kamu dan mereka lebih memilih konten yang sama, karena sudah memiliki rating.

Pembaruan juga disarankan, tetapi jika informasi yang ditampilkan tidak lagi relevan dengan situasi dan kondisi saat waktu itu. Oleh karena itu, sebelum mempublikasikan konten, Kamu harus mengedit konten sesempurna mungkin dan meneliti lagi untuk meminimalisir kesalahan.

Kemudian melakukan pengeditan artikel memiliki dampak langsung pada DA blog? Secara langsung sih tidak. Dengan catatan hanya satu atau dua artikel yang diedit.

Tetapi jika Anda mengedit artikel secara menyeluruh, dengan model yang sama, bahkan jika bertujuan untuk memperbarui atau menyelesaikan artikel, dampaknya akan tetap ada. Bahkan bisa bikin Kamu kaget sendiri.

5. Jangan Ada Broken Link

Secara umum, ada tiga jenis broken link yang paling berbahaya untuk blog. mulai dari internal dan eksternal link rusak ataupun host yang buruk.

Saran saya, Kamu harus secara teratur memeriksa link yang rusak di setiap posting blog Kamu. Kalau bisa setiap Kamu akan posting, dan selalu cek, apakah ada yang broken link? Jika ada langsung segera di atasi.

Gunakan tools untuk memeriksa broken link pada blog, jika ada maka segeralah perbaiki.

Tidak hanya link yang rusak, tapi seperti gambar rusak, redirect link dan sebagainya, itu juga perlu di awasi. Jika ada yang bermasalah, langsung saja ganti atau menghapusnya segera.

Kesimpulan

Nah 5J tersebut cara efektif yang biasa diterapkan oleh saya, setiap blogger memiliki tolak ukur bagaimana cara merawat Domain Authority blognya. Yang saya lakukan hanyalah cara termudah agar blog tetap berjaya pada setiap algoritma google, untuk apa membuat blog hanya berjaya pada satu algoritma saja dan setelah update blognya turun.

3 pemikiran pada “5 Cara Mudah Mempertahankan Domain Authority pada Blog”

Tinggalkan komentar