4 Cara Simpel dan Mudah untuk Menghasilkan Uang dari Blog

Internet sebagai sebuah peluang adalah nyata, oleh karena itu kenapa Jack Ma (Alibaba Group) dan Mark Zuckerberg (Facebook) dapat sukses.

Ya, kita memang bukan kedua orang tersebut, tapi kita hidup di era yang lebih ramah dengan teknologi, internet dan semua hal yang mendukung apabila kita ingin mempunyai penghasilan dari Internet. Dan, satu lagi, kabar baiknya, dalam artikel ini akan dibahas tentang 4 cara mendapatkan uang dari Blog, jika ini yang kamu cari, silahkan langsung saja dibaca sampai tuntas.

4 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Dalam artikel ini akan dibahas 4 cara memperoleh uang dari blog, tentunya sudah terbukti menghasilkan, dan hasilnyapun tidak main-main. Jika kamu ingin ikut berpartisipasi menghasilkan uang dari blog, silahkan cermati setiap kalimatnya dengan baik.

1. Affiliate Marketing

Cara pertama adalah menjadi seorang Affiliate Marketing, cara kerja seorang affiliate marketing adalah dengan mempromosikan produk orang lain, kemudian apabila dari aktivitas promosi tersebut terjadi penjualan, alias ada yang beli. Maka kita sebagai seorang Affiliate akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan tersebut.

Jika kamu bertanya, seberapa besar komisi yang dihasilkan oleh seorang Affiliate, jawabnnya bisa bermacam-macam. Tergantung dimana kamu menjadi seorang affiliate dan berapa bonus penjualan yang diberikan oleh pemilik produk Affiliate.

Dengan memiliki sebuah blog yang membahas sebuah niche produk, penjualan seorang seorang affiliate biasanya sangat besar. Jika kamu masih bingung, seperti ini konsepnya :

Pertama buatlah sebuah blog yang membahas sebuah produk tertentu, misalnya smartphone dan laptop, atau produk lainnya.

Kedua, jika kamu sudah punya sebuah blog yang membahas sebuah niche tertentu. Langkah selanjutnya adalah menanamkan link affiliate di akhir sebuah artikel review produk.

Jika kamu belum punya link affiliate sebuah produk yang akan dijual, silahkan daftarkan diri kamu ke sebuah web penjualan yang menyediakan program affiliasi, contohnya Lazada. Affiliate Lazada sudah terbukti membayar dan metode tracking linknya cukup baik.

2. Content Placement

Cara kedua, dengan membuka Content Placement pada  blog. Cara kerja monetise dengan content placement ini cukup simpel. Kamu tinggal membuka pengumuman di blog, bahwa blog kamu membuka kesempatan dan menerima artikel promosi dari pihak lain. Pengumuman pembukaan content placement bisa dilakukan dengan menerbitkan postingan baru, membuat halaman baru, atau memasang banner penguman di blog.

Berapa bayaran dari content placement sebuah blog? Jawabannya kembali, bisa bermacam-macam, tergantung dari kualitas dan juga profile sebuah blog. Karena ada lho orang yang pasang content placement karena profile blog tersebut, bukan karena kualitas semata.

Sebagai sebuah gambaran, untuk blog yang biasa-biasa saja bisa menarik Rp 50.000,- untuk sebuah penempatan konten, bisa juga Rp 250.000,- atau bahkan sampai jutaan. Lagi-lagi harga tersebut dipengaruhi oleh kulitas blog, profile blog dan juga hasil negosiasi antara owner blog dengan client.

3. Memasang Banner Iklan

Cara ketiga, membuka iklan pemasangan banner di blog. Cara ini bisa dibilang cukup simple, kamu sebagai pemilik blog hanya cukup mengumumkan pada blog, bahwa blog kamu sedang menawarkan pemasangan iklan banner di blog, jadi siapa saja yang berminat memasang iklan banner di blog bisa langsung menghubungi kamu. Mudah bukan.

Dengan membuka jasa  pemasangan iklan tersebut, bayaran yang bisa kamu tarik bermacam-macam nominalnya, tergantung letak banner itu ditempatkan. Biasanya banner yang berada di header lebih mahal harganya daripada yang di footer atau sidebar dan tempat lainnya di blog.

Nominal yang diterima dari jasa  pemasangan banner ini bervariasi, dari mulai Rp 50.000,- sampai dengan jutaan. Mirip dengan harga content placement, namun ditambah satu lagi, yaitu jangka waktu pemasangan benner, semakin lama banner tersebut dipasang tentunya harganya semakin mahal.

4. Menjual Produk atau Jasa

Cara keempat adalah dengan menjual produk atau jasa di blog kamu. Blog yang sudah dikunjungi banyak orang bisa dimonetise dengan menjual produk atau jasa yang kamu kreasikan sendiri.

Lalu caranya bagaimana? Untuk menjual produk tersebut, bisa saja kamu mempromosikannya di blog, dengan membuat sebuah artikel ulasan produk, bisa juga dengan menempelkan banner iklan pada blog. Menjual produk sendiri di blog milik pribadi cukup fleksibel, yang penting ada niat dan tahu caranya.

Apa kira-kira produk yang bisa dijual? Untuk menentukan produk atau barang apa yang akan kamu jual di blog, yang harus kamu lakukan adalah melihat audience blog. Siapa mereka, laki-laki atau perempuan, umurnya berapa saja, dan sebagainya. Jika sudah ketahuan siapa Audiencenya, mulailah jual produk tersebut.

Kesimpulan

Adanya internet dan blog ini merupakan jalan baru bagi generasi muda dalam memperoleh penghasilan melalui internet, demikian artikel tentang 4 cara menghasilkan uang dari blog, terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar