Cara Mengoptimalkan Kecepatan WordPress dengan Statically

Website yang lamban dan berat diakses tentu akan membuat pengunjung menjadi jenuh menunggu waktu loading yang cukup lama. Pengunjung website tentu menginginkan halaman yang dapat diakses dengan cepat, salah satunya bisa menggunakan statically.

Pada blog ini sebelumnya saya menggunakan plugin CDN ENABLER agar blog dapat menggunakan layanan CDN dari Statically. Format pengaturan dari kedua plugin ini juga hampir sama yaitu cukup mengisi url CDN dan file apa saja yang akan menggunakan CDN tersebut.

Salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk mengoptimalkan load-time adalah dengan mengaktifkan plugin Statically. Kabar baiknya adalah plugin ini dapat digunakan secara gratis dan tanpa batas. Mari simak penjelasan berikut untuk mengenal lebih jauh tentang plugin Statically.

Pengertian Statically

Statically adalah sebuah Content Delivery Network (CDN) yang mengoptimalisasi semua tipe website dan asset-aset statis.  Statically ini merupakan layanan CDN pertama di Indonesia dan menjadi bagian dari proyek Marsble yang digagas oleh Frans Allen.

Ketika website-mu menggunakan banyak plugin, tentu jumlah penggunaan CSS dan JS juga menjadi banyak. Hal ini menyebabkan halaman web menjadi lamban untuk diakses oleh browser.

Dengan Statically, maka file-file CSS dan JS yang masih ditulis dengan format standar akan otomatis di-minify. Hasilnya, halaman web dan blog akan lebih ringan dan lebih cepat ditampilkan saat diakses melalui browser.

Selain me-minify CSS dan JS, Statically juga akan mengompres file-file gambar dan emoji secara otomatis dan menghapus metadata yang tidak diperlukan sehingga gambar bisa disajikan lebih cepat.

Cara Menggunakan Statically pada WordPress

Sekarang plugin Statically sudah tersedia di direktori WordPress. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi halaman plugin di dashboard WordPress dan pilih “Add New”;
  2. Cari “Statically”;
  3. Aktifkan Statically dari halaman Plugin kamu;
  4. Pilih menu Setting jika kamu ingin mengatur plugin sesuai keinginan.

cdn statically

Dengan adanya plugin ini, optimasi kecepatan blog akan lebih mudah. Tetapi saya tetap akan menggunakan CDN ENABLER karena bisa menggunakan layanan CDN selain hanya Statically saja. Selamat Mencoba!

3 pemikiran pada “Cara Mengoptimalkan Kecepatan WordPress dengan Statically”

Tinggalkan komentar