Perbedaan SEO Dan SEM, Manakah yang terbaik?

By | Januari 21, 2020

Perbedaan SEO dan SEM secara luas dikenal di dunia pemasaran digital. Keduanya sama-sama bertujuan untuk meningkatkan visibilitas situs web di Search Engine (mesin pencari).

seo dan sem mana yang terbaik

Berbicara tentang SEO tentu tidak asing lagi, terkenal sebagai teknik mengoptimalkan website agar mendapatkan peringkat web pada hasil pencarian organik. sementara SEM melebihi fungsional SEO. SEM memiliki metode khusus dalam mesin pencari seperti pay per klik Iklan.

Untuk membandingkan SEO dan SEM sangat penting untuk mengetahui di muka definisi SEO. Jadi menjadi lebih jelas perbedaan antara keduanya.

Apa itu SEO ( Search Engine Optimization )?

Pada pertemuan sebelumnya saya telah menjabarkan pemahaman mengenai SEO ini. Oke kita coba ungkit lagi, SEO adalah proses mengoptimalkan situs web dengan tujuan mendapatkan lalu lintas secara gratis di mesin pencari seperti Google atau Bing.

SEO bisa dibilang sangat penting agar tercipta web yang optimal dengan sangat mudah, Tak hanya mudah bahkan diakui oleh Search Engine crawlers dan meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan ranking tinggi di Search Engine Result Pages (SERPs)

Apa komponen utama dalam SEO?

Tiga komponen utama dari SEO 

Teknis SEO mengacu pada proses mengoptimalkan situs web sehingga mesin pencari lebih mudah mengenali website kamu dan cepat ter – indeksnya website. Dengan Technical SEO kamu telah memastikan bahwa mesin pencari memahami profil website kamu, serta visi dan misi yang ada di website kamu. 

SEO on – site adalah beberapa metode yang dapat Anda terapkan ke halaman situs web serta konten di situs web tersebut sehingga dioptimalkan untuk jenis kata kunci tertentu.

Misalnya, kamu perlu mengoptimalkan judul di situs web, memberikan konten atau deskripsi yang baik, URL dengan format yang bagus, memasukkan teks Alt dalam gambar yang ada, dan masih banyak lagi.

Baca :  Penggunaan Domain TLD Pada Blog Untuk Keperluan SEO

SEO Off – site mengacu pada beberapa proses untuk mendapatkan referensi (backlink) dari beberapa website untuk tujuan meningkatkan kepercayaan website kamu di mata Search Engine.

Untuk pemula, ini mungkin terdengar membingungkan tetapi cobalah untuk menganggapnya sebagai sistem peringkat di mana situs website yang memiliki banyak referensi akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari.

Referensi dalam hal ini, semacam link yang dapat kamu tujukan situs website kamu. Ini adalah mengapa offsite SEO mengacu pada link bangunan. Untuk menghindari kesalahpahaman, ini bukan hanya tentang berapa banyak link situs website yang diarahkan ke situs kamu, tetapi juga di mana link tersebut berasal.

Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing tidak hanya di atas SEO tetapi juga bertindak sebagai pola pikir dalam mengembangkan strategi pemasaran digital.

Ada banyak cara untuk meningkatkan lalu lintas di situs web kamu selain menggunakan SEO dan SEM.

Apa itu SEM ?

SEM emiliki kepanjangan dari Search Engine Marketing, SEM merupakan proses pemasaran digital dengan tujuan meningkatkan visibilitas pada mesin pencari baik dengan mendapatkan lalu lintas organik melalui SEO atau secara dibayar dari pendapatan lalu lintas (traffic) melalui PPC atau pay per klik iklan.

Melalui traffic berbayar, pada makna dasarnya seperti membeli kios iklan di hasil mesin pencari. Jadi, bukannya mencoba untuk mendapatkan peringkat tinggi dengan metode SEO organik dan lalu lintas bebas, kamu hanya perlu membayar untuk muncul di halaman atas mesin pencari.

Hal umum tentang iklan yang dikenal luas untuk iklan layanan publik (PSA) adalah Google Ads atau lebih dikenal sebagai Google AdWords. Dengan Google Ads kamu dapat menampilkan iklan di mesin telusur Google, dan kamu hanya perlu membayar per klik dari iklan yang kamu tentukan tadi.

Baca :  Pentingnya Keyword Research Dalam SEO

Ini juga merupakan alasan mengapa seluruh proses disebut pay per klik atau PPC. Bing dan Yahoo juga memiliki sistem yang sama tetapi tidak sangat efektif seperti populerya Google Ads.

Mana yang lebih baik, SEO atau SEM?

Terlepas dari kenyataan bahwa SEO adalah salah satu dari dua komponen Search Engine Marketing, banyak pemasar yang mengacu pada SEM berarti pay per klik iklan.

Pada dasarnya mereka menganggap iklan pencarian berbayar satu-satunya komponen SEM. Dengan demikian kamu dapat membandingkan antara keduanya.

SEO vs SEM

Organik SEO pada umumnya merupakan strategi terbaik bagi pengiklan untuk mendapatkan hasil yang baik dan memiliki jangka waktu lama. Website yang memiliki peringkat tinggi pada hasil pencarian organik untuk kata kunci yang dia tentukan, bisa mendapatkan lalu lintas gratis pada setiap harinya, Tak hanya itu, bagi pemilik website berkualitas dapat menikmati semua manfaat yang dimiliki oleh Search Engine Optimizer.

Website yang menggunakan metode PPC masih mendapatkan traffic dari mesin pencari tetapi tidak secara gratis. setelah pembayaran berhenti, traffic akan hilang. Tetapi tidak untuk traffic yang memang benar benar murni SEO. Perbedaan besar lain antara SEO dan SEM adalah bahwa dibutuhkan banyak waktu untuk SEO untuk bekerja dengan baik, sedangkan SEM tidak.

Jadi semua tergantung selera dan penilaian masing – masing. Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang cepat, SEM adalah pilihan terbaik, sementara jika kamu ingin membangun bisnis online tahan lama tanpa bergantung pada pencarian berbayar, SEO adalah solusinya.

Rahmat Agung Julians
Author: Rahmat Agung Julians

Halo, saya adalah praktisi SEO di Kuningan, Jawa Barat. Pada blog ini saya memberikan informasi mengenai blogging dan SEO, semua yang saya tulis pada blog ini merupakan pengalaman saya yang telah saya lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *