Cara Optimasi SEO On Page Beserta Teknik dan Contoh Lengkap

Bagaimana upaya yang sudah dilakukan untuk optimasi seo blog? sudah belajar mengenai optimasi seo on page? dalam beberapa waktu kebelakang saya memfokuskan pembahasan artikel kepada Optimasi SEO, baik itu mengenai internal link,outbound link, backlink  dan anchor text yang baik dan benar.

SEO ON PAGE

SEO On Page bisa juga disebut sebagai Optimasi Halaman adalah sebuah teknik untuk optimalisasi website dengan tujuan agar mesin pencari bisa mengetahui jika blog sudah sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna dengan relevansi yang bagus.

Cara Optimasi SEO On Page Lengkap

Untuk menambah kualitas SEO Blog, pahami beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengoptimasi seo khususnya on page (halaman blog).

1. Kecepatan Blog

Semakin cepat blog maka akan semakin bagus, kita bisa menggunakan tema blog yang ringan namun memiliki fitur yang banyak dan mendukung SEO. Jika kalian pengguna WordPress maka cobalah untuk menggunakan plugin tambahan seperlunya saja, jangan sampai ada plugin yang fungsinya sedikit namun tetap digunakan, carilah plugin yang sudah memiliki fitur dari plugin lainnya agar kita hanya perlu memasang 1 plugin saja namun fiturnya lengkap.

Gunakanlah Cloudflare untuk mendukung kecepatan tranfer data dan kemanan blog, yang terpenting adalah kita harus bisa memilih hosting yang bagus dan jangan sembarangan memilih hosting. Gunakanlah hosting terbaik yang sudah mendukung kecepatan tinggi, jika mempunyai budget lebih bisa memakai VPS dan pastikan kalian punya waktu banyak untuk memakainya, karena VPS sangat lebih rumit dibandingkan dengan shared hosting biasa.

Situs Untuk Cek Kecepatan Blog

Lakukan pengecekan kepada homepage dan halaman artikel, jangan hanya mengecek homepage saja karena saya sakin bahwa pengunjung akan datang ke halaman artikel bukan homepage, buktinya mereka mengunjungi blog itu untuk membaca artikel dan bukan sengaja untuk jalan-jalan melihat tampilan blog saja.

2. Permalink

Setelah melakukan pengamatan dan mencari informasi jelasnya seperti apa, saya memutuskan bahwa pengunaan permalink pendek dan permalink panjang itu hanya sedikit saja dampaknya, namun jika blog ingin lebih mudah di aksesnya maka kita bisa menggunakan permalink secara singkat saja.

Url yang singkat bisa membuat kita lebih nyaman dan mudah mengingkat url apa saja yang terdapat pada blog.

Contoh url pendek yaitu : https://www.michzo.com/seo/

Pengguna blogger pastinya akan lebih panjang dibandingkan dengan wordpress yang lebih singkat dan bisa di buat pendek.

3. Penggunaan Tag

Bijaklah dalam menggunaan tag Heading seperti H1, H2, H3 sampai H6. Hal ini akan mempengaruhi kualitas SEO pada halaman artikel, hal yang biasanya saya lakukan untuk penggunaan tag heading :

  • Heading 1 (H1) digunakan untuk mengunci kata kunci utama (Pada blog saya judul itu sudah menjadi H1)
  • Heading 2 (H2) digunakan untuk meletakan kata kunci kedua atau kata kunci turunan.
  • Heading 3 (H3) digunakan untuk membantu kata kunci di Heading 2 agar topik yang disampaikan lebih banyak mengandung kata kunci yang relevan.

Contoh Kasus

Saya akan mencari kata kunci mengenai “Jasa  Seo” dan alat yang saya gunakan untuk melakukan riset adalah Google Search.

Kata Kunci Utama : Jasa SEO

Jika sudah menemukan seperti gambar dibawah ini, maka scroll kebawah untuk melihat kata kunci apa saja yang banyak di cari oleh pengguna internet.

Mencari Keyword Dengan Google Search

Maka akan mendapatkan hasil seperti ini :

Post Terkait Google

Untuk menambah optimasi halaman artikel disini saya menambahkan plugin Table Of Content (TOC) yang dimana akan membuat jump link di mesin pencari sehingga artikel blog lebih mudah ranking.

Contoh Jump Link Menggunakan TOC

Untuk memasangnya siahkan mengunduh di koleksi plugin wordress.

4. Optimasi Gambar

Faktor yang membuat blog berat dan lemot itu biasanya dipengaruhi oleh gambar yang tidak disempurnakan ukurannya, maksud saya adalah gambar yang disematkan pada artikel tidak dilakukan pengecilan ukuran gambar sehingga ukuran gambar besar dan mengakibatkan loading blog berat.

Gunakanlah CDN yang bisa mebuat transfer data gambar dan media menjadi lebih cepat dan jalan lupa sebelum diupload ke hosting, kompres ukuran gambar agar lebih kecil.

5. Internal Link

Dengan menggunakan internal link dengan tepat kita bisa membuat blog menjadi lebih cepat dalam ranking di kata kunci yang sudah di targetkan.

Untuk lebih jelasnya mengenai internal link ini sudah saya bahas diartikel sebelumnya mengenai pengertian internal link.

6. Nama Domain

Jangan sembarangan dalam memilih nama domain, gunakanlah domain dengan acuan sebagai berikut :

  1. brand domain (detik.com, kompas.com,mashable.com,dll).
  2. partial match domain. Berupa sebagian keyword ditambah kata lain (wisataunik101.com, denahrumahkami.com, dll)
  3. exact match domain. Domainnya menggunakan keyword (pesanhotel.com, wisataalam.com, androidterbaik.com,dll)
  • Domain menjadi nama “Branding” seperti detik.com dan tokopedia.com
  • Domain memiliki kata kunci seperti rentalmobil.com dan jasaseo.com

Domain yang memiliki kata kunci akan lebih mudah untuk muncul di mesin pencari, karena bukan hanya konten melainkan urlnya saja sudah memiliki kata kunci yang baik apalagi di dorong menggunakan backlink yang kuat.

Hindari penggunaan simbol seperti strip dan angka pada domain, jangan buat nama domain yang terlalu panjang contohnya optimasiseomudahdancepat.com.

Kesimpulan

Untuk optimasi seo on page sebenarnya tidak rumit seperti off page yang dimana kita harus merancang link building dan susunan backlink yang kokoh, kita cukup manfaatkan aspek-aspek yang terdapat pada halaman blog saja.

 

Tinggalkan komentar